Header Ads

header ad

Oknum Kades Selewengkan DD Untuk Biaya Resepsi Pernikahan dan Plesiran

LAHAT, SS  - Tim Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Polres Lahat berhasil mengungkap kasus penyelewengan Dana Desa (DD) yang dilakukan tersangka Anhar Junhari (47) atas penggelapan Dana Desa pada tahun 2016 yang lalu.

Hal itu terungkap saat Press Release yang digelar Polres Lahat Kamis (24/1/19), dimana pada tahun 2016 Desa Kota Raya Kecamatan Pajar Bulan, Lahat mendapat kucuran dana desa yang bersumber dari APBN sebesar Rp. 586.978.000. Namun Dana Desa tersebut di salah gunakan oleh tersangka Anhar Junhari.

"Tersangka ini telah terbukti melakukan tindak pidana korupsi atas penyelewengan dana desa sebesar Rp. 437.004.697 yang semestinya diperuntukan pembangunan jalan usaha tani didesanya," terang Kapolres Lahat AKBP Ferry Harahap SIK MSi.

Ditambahkan Kapolres, bahwa tersangka ini akan dikenakan Pasal 2 Ayat 1 Undang-undang nomor 31 tahun 1999 tentang pemberantasan tindak pidana korupsi dengan memperkaya diri sendiri.

"Kita akan kenakan Pasal 2 Ayat 1 tentang tindak pidana korupsi dan dikenakan hukuman penjara seumur hidup paling singkat 4 tahun penjara dan denda Rp. 200.000.000," ungkap Ferry.

Sementara menurut keterangan dari tersangka Anhar Junhari, bahwa dana desa yang diselewengkan digunakan untuk keperluan acara selamatan pernikahan keponakannya dan sebagian dihabiskannya untuk jalan-jalan ke Jakarta dan Bengkulu serta digunakan untuk memenuhi hobinya mancing ikan.

"Saya merasa khilaf saat memegang Dana Desa itu, uang itu saya gunakan untuk biayai keponakan saya dalam acara pernikahan dan jalan-jalan (Plesiran-red)," ujarnya sembari tertunduk lesu.(Fry)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.