Header Ads

Pesona Keindahan 5 Tingkat Air Terjun Lemutu Hipnotis Mata Pencinta Alam

MUARA ENIM, SS - Objek wisata Air Terjun Lemutu yang tersembunyi sangat menakjubkan dengan adanya 5 tingkat aliran air terjun. Setiap tingkatnya memiliki pesona keindahan tersendiri, apalagi di tingkat dua yang paling banyak diminati para wisatawan karena memiliki berbagai cabang ruas jarak pelintasan aliran air.

Jika anda memiliki jiwa petualang menjelajah menyusuri kawasan Air Terjun Lemutu yang terletak di Bumi Serasan Sekundang Kecamatan Tanjung Agung tepatnya Desa Tanjung Bulan perbatasan Desa Embawang dan Pagar Dewa.

Disana juga banyak pondok-pondok pemukiman warga yang berkebun untuk mengambil hasil bumi dari kawasan Air Terjun Lemutu tersebut yang dinamakan Talang Jerun dari waga Desa Pandan Enim yang bermukim disana saat musim panen bumi seperti karet, kopi, jengkol, duku, durian, lada dan lainnya.  

Untuk sampai ke lokasi air terjun berbagai rintangan akan kita alami dalam perjalanan yang hanya bisa ditempuh dengan kendaraan roda dua yang telah dimodifikasi, maupun dengan berjalan kaki bagi para petualangan. Jalan yang dilalui sangat sulit, ketika hujan turun jalan berlumpur dan licin, bahkan dibeberapa titik kita harus berjalan kaki karena tidak memadai untuk ditempuh dengan motor.  

Para pencinta alam yang menamai diri Formapalakita selaku Ketua Cabang Kecamatan Tanjung Agung, Ruli menjelaskan, tujuan kami melakukan  ekspedisi petulangan alam di Air Terjun Lemutu, agar objek wisata ini makin dikenal banyak orang.

Untuk itu sebanyak 32 anggota dan didampingi oleh Ketua BPD maupun Karang Taruna Desa Tanjung Bulan melakukan survei penjelajahan lintas alam supaya objek wisata Air Terjun Lemutu.

Selain itu, wisata Air Terjun Lemutu dapat cocok juga menjadi wisata berbagai kegiatan seperti tempat bumi perkemahan, lomba lintas alam maupun para photography untuk hanting gambar beruansa keindahan.

Dalam pantauan kami masih banyak yang harus didukung oleh pihak Pemerintah Kabupaten Muara Enim khususnya seperti akses banyak berlumpur tanah, jalan menuju ke lokasi air terjun ini harus segera  dapat diperbaiki kalau pun bisa di cor beton agar kendaraan roda empat dapat sampai ke lokasi tersebut, sehingga mempermudah pariwisatawan sampai ke lokasi Air Terjun Lemutu dan agar mempercepat dalam warga menggangkut hasil bumi untuk dapat di jual kembali.

"Jembatan yang dibuat oleh warga Talang Jerun dengan bambu untuk  dapat menyebrangi ke area air terjun tersebut, warga berharap pihak pemerintahan dapat  membuat jembatan besi permanen agar para wisatawan nyaman melewati, tidak ada rasa takut," ungkapnya (7/2).

Kades Tanjung Bulan saat diwawancarai menggatakan, kami sangat  berterimakasih telah berkujung di desa kami. Apapun tujuan para pencinta alam Formapalakita yang baik, sangat peduli objek wisata Air terjun Lemutu kami sangat  mendukung ini, supaya makin dikenal masyarakat luas. Dengan itu, kami berharap pihak pemerintahan dapat merespon terutama perbaikan jalan menujuh lokasi Air Terjun Lemutu," harapnya.

Senada Suherman Ketua BPD Desa Tanjung Bulan juga berharap dengan  adanya survei kegiatan ini, supaya makin maju lagi banyak pengujungnya, baik dari Kabupaten Muara Enim ini maupun luar dari kabupaten.

"Kepada pihak Pemerintah Kabupaten Muara Enim, provinsi maupun pusat agar dapat peduli untuk  memperbaiki akses  jalan yang rusak parah ini sepanjang kurang lebih 8 kilometer dari Desa Tanjung Bulan menuju Air Terjun Lemutu," pungkasnya.(KLT)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.