Header Ads

Lahat Turun Peringkat Soal Kemiskinan

LAHAT, SS - Kabupaten Lahat turun peringkat dari data kemiskinan di Sumsel. Jika sebelumnya menempati urutan terbawah nomor 2, kini Lahat sudah menduduki peringkat ke-3 pada tahun 2018.

Demikian disampaikan Kepala Badan (Kaban) Bappeda Lahat Herman Oemar pada rapat koordinasi Penaggulangan Kemisikinan di Kabupaten Lahat, Senin (15/04/19) yang digelar Off Room Sekretariat Pemda Lahat.

Dalam rapat tersebut, dipimpin langsung Bupati Lahat Cik Ujang SH serta Wakil Bupati Lahat H Haryanto SE MM MBA yang juga Ketua Tim Koordinasi Penaggulangan Kemisikinan Kabupaten Lahat.

Hadir pada acara itu, Asisten III, Kepala Dinas, seluruh Camat dan Lurah.

Herman Oemar menyampaikan, ada perbedaan data dari Susenas dan BDT terkait kemisikinan di Lahat. Susesnas mencatat ada sekitar 65 ribu warga miskin. Sementara dari BDT ada sekitar 100 ribuan warga miskin.

Lanjutnya, guna mengetahui secara rill jumlah warga miskin di Kabupaten Lahat. Maka Pemda Lahat melakukan update pendataan secara mandiri.

"Jadi Camat, Kades dan Lurah harus mendata betul berapa jumlah warga miskin di wilayah masing-masing," ungkap Herman Oemar.

Bupati Lahat Cik Ujang SH menegaskan, bahwa pihaknya akan fokus mengentaskan kemiskinan di Kabupaten Lahat. Selain itu, warga yang miskin harus diketahui secara pasti apa permasalahan mereka.

"Jadi strateginya yang benar-benar membutuhkan yang kita bantu," tegasnya.

Senada disampaikan Wakil Bupati Lahat H Haryanto SE MM Mba bahwa memang  masih ada dilapangan bantuan belum tepat sasaran. Untuk itu, pihaknya menginkan agar warga yang membutuhkan dilabeli. Agar bantuan yang diberikan bisa tepat sasaran.

"Serta dipantau tiap tahunnya untuk melihat perkembangannya," ungkapnya.(Fry)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.