Header Ads

Supi : Pelaksanaan Proyek Harus Mengutamakan Mutu dan Kualitas Pekerjaan

PRABUMULIH, SS-Adanya pemberitaan di beberapa media online beberapa hari yang lalu terkait masalah pengaspalan jalan di Kota Prabumulih yang diduga tidak  memakai prime coats dan tack coats, Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kota Prabumulih M Supi saat dikonfirmasi diruang kerjanya, kemarin (23/6/2016) menyatakan bahwa pihaknya tidak membantah bahkan mengakui jika beberapa proyek aspal hotmix hanya menggunakan prime coats dan tack coats ala kadarnya.

“Saya sudah mendengar hal tersebut kalau beberapa kontraktor yang cuma memakai Tack Coats dan Prime Coat ala kadarnya. Namun berdasarkan laporan dari konsultan pengawasan dan pengawas dari PU sendiri menyampaikan bahwa pelaksanaan proyek pekerjaan pengaspalan dilapangan cukup bagus. Jadi kalau ada yang tidak benar dan dengan sengaja menyalahi ketentuan dalam RAB, tentu kita akan panggil kontraktornya,” ungkapnya.

Lebih jauh Supi membeberkan, proyek yang menggunakan aspal Hotmix memang agak rawan pasalnya hotmix tersebut di pesan oleh kontraktor dari pihak AMP, tonasenya kita duga banyak yang  tidak cukup. Jika demikian maka ketentuan ketebalan aspal misalnya harus 3 cm, bisa saja dilapangan hanya 2 cm. Selain itu, kita tidak ada Uji Labnya. Dengan kejadian seperti itu maka bukan hanya kita selaku pengguna anggaran saja yang dirugikan, para kontraktor pun jelas dirugikan dan dibohongi.

“Tentunya saya selaku pengguna anggaran dan selaku Kepala Dinas PU sangat kecewa, sebab setiap pelaksanaan pekerjaan proyek apapun kita tetap mengutamakan kualitas dan mutu pekerjaan,” ujarnya.

“Pihak kontraktor telah memesan aspal hotmik dari pihak AMP dan tidak mempunyai uji lab. Namun dari Dinas PU sudah menegaskan dalam kontrak kerja dengan pemborong harus menggunakan aspal hotmix sesuai permintaan dan mutu serta kualitas yang kita tentukan,” tegasnya.

Menurut Supi, semua perencanaan setiap proyek infrastruktur baik jalan, jembatan dan gedung di Kota Prabumulih, kita selalu mengedepankan azas manfaat, dan memperhatikan usulan permintaan masyarakat. serta kualitas dan mutu pekerjaan.

Saat ditanya tentang adanya keinginan masyarakat agar Walikota Prabumulih Ir H Ridho Yahya MM untuk turun kelapangan meninjau langsung pelaksanaan pekerjaan proyek. Dikatakan Supi, Walikota sudah sering melakukannya. Malahan menurutnya Walikota yang sering menghubunginya jika terdapat masalah pembangunan di Kota Prabumulih.

“Pak Walikota sangat konsisten atas apa yang menjadi Misi dan Visinya ketika mencalonkan diri sebagai Walikota pada tahun 2013 lalu. Terkait adanya kontraktor yang tidak mengutamakan kualitas dan mutu pekerjaannya, Tentunya Pak Walikota sudah menpunyai catatan sendiri terhadap perusahaan atau kontraktor yang mendapat kepercayaan melaksanakan pekerjaan itu,” ucapnya.

Sebab  menurut Supi, Walikota Prabumulih sangat peka  dengan situasi dan kondisi masyarakat kita dan bukan hanya soal pengaspalan jalan saja, baru-baru ini terdapat drainase yang ketika hujan tersumbat dan mengakibatkan banjir di jalan. “Pak Walikota langsung menelpon saya dan memerintahkan untuk segera mengatasi jalan yang banjir itu dengan memperbaki drainase,” tandasnya.(RN)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.