Header Ads

Pembebasan Lahan Belum Terlaksana, Pemkot Siap Memfasilitasi Pemprov

PRABUMULIH, SS-Pembebasan lahan untuk akses jalan menuju Jembatan Payuputat yang menghubungkan Kota Prabumulih dan Kabupaten PALI hingga saat ini belum terlaksana. Untuk itu, Pemerintah Kota (Pemkot) Prabumulih siap memfasilitasi pihak Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Selatan, demikian diungkapkan oleh Walikota Prabumulih Ir H Ridho Yahya MM, (15/8).

Dikatakannya, pembebasan lahan untuk akses jalan menuju Jembatan Payuputat merupakan wewenang pihak Pemprov sesuai komitmen awal ketika akan membangun jembatan tersebut, “Jembatan itu kan menghubungkan 2 kabupaten/Kota, sehingga sesuai kesepakatan awal yang melakukan pembebasan lahannya harus Pemprov sumsel, namun saya yakin ini hanya mis komunikasi semata,” katanya.

Menurutnya, pihak Pemkot Prabumulih sesuai kesepakatan menunggu pembebasan dan pembangunan jalannya, “Namun hingga kini pembebasan lahan oleh Pemprov itu belum juga terlaksana, ya kita berharap pembebasan lahannya agar disegerakan oleh Pemprov, agar jembatan Payuputat yang telah dibangun itu tidak sia – sia,” ujarnya.

Diterangkannya pula, bahwa Pemkot dengan keadaan defisit anggaran, tidak memungkinkan untuk melakukan pembebasan lahannya, “Karena kita defisit, tahun depan saja tidak ada proyek fisik di dalam kota yang kita bangun, apalagi yang lain, jadi harapan kita tadi agar Pemprov kembali ke komitmen awal untuk membangun jembatan Payuputat hingga tuntas, dan kita Pemkot siap bantu memfasilitasi pembebasan lahannya,” bebernya.

Sementara itu sebelumnya, Sekretaris Daerah (Sekda) Pemkot Prabumulih Drs H djoharuddin Aini MM, menjelaskan bahwa tertundanya pembangunan akses jalan jembatan Payuputat dikarenakan pihak Pemprov juga mengalami defisit anggaran, “Ketika masih proses pembangunan ada pemotongan anggaran yang dialami oleh pemprov, sehingga pembangunannya tertunda, namun pada akhirnya pembangunan jembatan akan diselesaikan oleh pihak Pemprov, karena komitmennya seperti itu, dan kita yakni itu,” tandasnya.(RN)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.