Header Ads

Pemkot Kembali Lakukan Mutasi Pejabat

PRABUMULIH, SS-Hanya berjarak satu minggu Pemerintah Kota (Pemkot) Prabumulih kembali melakukan rotasi dan mutasi pejabat eselon III dan IV. Setelah beberapa waktu lalu acara digelar di Aula Rapat Lantai I Gedung Pemkot Prabumulih, kali ini acara pelantikan pejabat digelar di Gedung Kesenian Rumah Dinas Walikota, Jum’at (12/8/2016). Pelatikan pejabat kembali dipimpin oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Prabumulih Drs H Djoharuddin Aini MM.

Usai acara pelantikan, Sekda menyampaikan agar pejabat yang baru dilantik dapat mencari terobosan dan mampu berinovasi terhadap institusi yang dipimpinnya. “Selain dapat memahami tugas pokok dan fungsi dari jabatan yang diembannya pejabat yang baru dilantik juga harus mampu berinovasi dan mencari terobosan supaya dapat menemukan solusi terhadap sejumlah permasalahan, agar seluruh program Pemkot Prabumulih dapat berjalan dengan baik dalam melayani masyarakat Prabumulih,” katanya kepada sejumlah wartawan.

Menurutnya, mutasi dan pelantikan kali ini sudah melalui pertimbangan dan evaluasi oleh badan pertimbangan jabatan dan kepangkatan, “Kita sudah bicarakan dalam baperjakat yang berisikan dari BKD, Inspektorat, dan para asisten serta Sekda selaku Ketua Baperjakat, juga Walikota dan Wakil Walikota Prabumulih memberikan kepercayaan kepada kita dalam melakukan penilaian pejabat yang di mutasi atau di rotasi,” ujarnya.

Djohar juga menerangkan, bahwa pemilihan pejabat tidak berdasarkan suka ataupun tidak suka, tapi dipilih orang yang tepat untuk menduduki suatu jabatan, “Memang betul – betul kita pilih berdasarkan kemampuan dan pendidikannya, tidak ada berdasarkan suka atau tidak, tapi orang yang kita anggap mau kerja dan bisa kerja di dalam jabatannya,” bebernya.

Dijelaskannya pula, pihaknya dalam merolling pejabat didasarkan pula untuk menambah wawasan dan pengalaman, jadi dikatakannya pelantikan suatu hal biasa dilakukan untuk penyegaran maupun promosi, “Setiap pejabat harus siap berpindah posisi, hal ini pula kita lakukan untuk mencegah kebosanan dalam bekerja, dengan alih tugas bisa segar kembali,” tandasnya.

Ditambahkan Djohar, bahwa kedepan pihaknya akan melakukan uji kompetensi terhadap pejabat terutama yang akan pindah jabatan, “Kita juga akan bentuk panitia seleksi dan akan melibatkan pihak luar dari unsur masyarakat dalam memberikan penilaian terhadap pejabat, hal ini sudah kit ajukan ke Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN), sehingga dalam mutasi nantinya baik eselon II dan III, dilakukan evaluasi dulu, baru kemudian bisa menjabat dan ini juga untuk menjalankan perintah undang - undang,” pungkasnya.

Adapun pejabat yang dimutasi kali ini terdiri dari eselon III dan IV, khusus eselon III pejabat yang diganti antara lain Ir H Pribadi Rosa Sarosa yang sebelumnya menjabat Kabag Pembangunan Setda Kota Prabumulih akan menempati posisi sebagai Kepala Kantor Perpustakaan dan Arsip Daerah Kota Prabumulih menggantikan Adhie Gustiawan SSTP MM yang pindah menjadi Kabag Pembangunan Setda Kota Prabumulih, kemudian Alwi SE akan menempati posisi baru sebagai Kabag Keuangan Sekretariat DPRD Prabumulih, selanjutnya Hasrul Hanes SH Sekretaris Kecamatan Prabumulih Utara saling bertukar posisi dengan Arman Sarijaya SH yang sebelumnya menjabat sebagai Sekretaris Kecamatan Prabumulih Selatan, kemudian Kabid Perdagangan Diskoperindag sebelumnya yakni Syaiful Anwar akan menempati posisi baru sebagai Kabid Pelayanan dan Rehabilitasi sosial Dinsos menggantikan Rusmala Dewi yang dirotasi menjadi Kabid Peningkatan Kesejahteraan Sosial Dinsos menggantikan Idris, S.Sos yang berpindah menjadi Kabid Perdagangan Diskoperindag.(RN)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.