Header Ads

UKW Muara Enim, 17 Peserta Dinyatakan Kompeten

MUARA ENIM, SS-Sebanyak 17 dari 21 peserta dinyatakan berkompeten dalam Uji Kompetensi Wartawan (UKW) di Kabupaten Muara Enim selama dua hari yakni tanggal 28-29 November 2016.
 
Pengumuman itu diperoleh dalam acara penutupan UKW yang dihadiri Ketua PWI Sumsel H Ocktap Riady SH, Kabag Humas dan Protokol Pemkab Muara Enim H Rinaldo SSTP MSi, Pengurus PWI Pusat Uyun Achadiyat, Penguji UKW Sihono, Ketua PWI Kabupaten Muara Enim Andi Chandra, Pengurus PWI Sumsel dan Muara Enim seerta para peserta UKW.
 
Dalam sambutannya Ocktap Riady menyampaikan, UKW merupakan program pendidikan wartawan dalam rangka mengevaluasi kinerja para pembuat berita atau wartawan yang terbiasa dalam tugasnya membuat berita. Sementara untuk mereka yang tidak lulus masih dapat mengikuti UKW berikutnya yang direncanakan akan digelar di Kota Palembang dan Kabupaten Musi Banyuasin.
 
“Wartawan memang disyaratkan untuk mengikuti UKW, agar dapat melahirkan wartawan yang kompeten dalam menalankan tugas jurnalistiknya. UKW kali ini, 17 peserta dinyatakan lulus uji kompetensi dan 4 peserta dinyatakan gagal. Bagi peserta yang lulus ini merupakan awal untuk menjalankan tugas jurnalistik yang professional sedangkan bagi peserta yang tidak lulus jangan berkecil hati karena dapat mengikuti UKW yang berikutnya,” ujarnya.
 
Pengurus PWI Pusat Uyun Achadiyat yang juga menjadi salah satu penguji mengatakan, setelah melalui seleksi yang ketat, UKW Muara Enim meluluskan sebanyak 17 peserta dan 4 orang peserta dinyatakan gagal. Dengan demikian, secara keseluruhan se-Indonesia yang telah dinyatakan lulus sebanyak 6.427 wartawan.
 
“Wartawan yang sudah kompeten artinya semua sorotan publik dan nara sumber akan melekat pada diri wartawan tersebut. Dengan dinyatakannya 17 peserta yang lulus UKW Muara Enim ini, maka jumlah wartawan yang dinyatakan lulus uji kompetensi se-Indonesia berjumlah 6.427 orang wartawan,” ungkapnya.
 
Sementara itu Bupati Muara Enim Ir H Muzakir Sai Sohar dalam sambutannya yang disampaikan Kabag Humas dan Protokol Rinaldo mengucapkan terima kasih atas terlaksananya UKW di Kabupaten Muara Enim. Dinyatakannya 17 peserta yang lulus, maka bila dibanding daerah lain Muara Enim lebih banyak memiliki wartawan yang berkompeten.

“Selama ini wartawan telah bekerjasama sangat baik. Untuk itu, wartawan yang berkompeten diharapkan akan terus dapat bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Muara Enim dalam berbagai hal terutama publikasi pembangunan,” tandanya.(RN)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.