Header Ads

Buruknya Kualitas E-KTP, Masyarakat Pun Cemas

PALI, SS - Kualitas Kartu Tanda Penduduk Elektronik (e-KTP) sangat rendah sehingga mudah terkelupas. Karena itu warga Bumi Serepat Serasan khawatir, terkelupasnya itu akan merusak data yang tertera. 

Kalau ingin mengganti dengan e-KTP baru, banyak proses yang harus dilalui di tambah blangko baru belum tersedia.

Itu yang dikeluhkan Ato (35), warga Talang Ubi ketika ia datang ke Kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten PALI siang ini, Senin (23/1). Dia datang bermaksud mengganti e-KTP-nya yang rusak akibat terkelupas.

Oleh petugas di Disdukcapil, Ato disarankan untuk melaminating kembali. Sebab apabila ingin ganti baru, ia harus mengisi formulir terlebih dahulu. Selanjutnya ia harus menunggu blangko baru dari Kementerian Dalam Negeri.

"Aku disarankan untuk sementara ini dilem atau dilaminating. Sebab kalau ganti harus melalui proses dan mesti menunggu karena ketiadaan blangko,"  ungkapnya.

Diakuinya bahwa blangko e-KTP yang pertama keluar, kualitasnya cukup bagus. Lain dengan yang dia punya. 

"E-KTP aku keluar bulan Februari tahun 2016. Yang keluaran lama berkualitas bagus, tidak mudah mengelupas. E-KTP cepat rusak bukan hanya punya aku. Warga-warga lain juga banyak yang mengalami hal sama. Aku berharap blangko yang baru nanti tidak seperti ini," pintanya.

Sementara itu Rismaliza, Kepala Disdukcapil Kabupaten PALI,  menyarankan warga yang rusak e-KTPnya baik itu terkelupas atau patah untuk segera mengganti baru. Namun saat ini blangko baru belum tersedia. Sebagai gantinya dibuatkan KTP sementara, yang fungsinya sama dengan e-KTP asli.

"Silahkan ganti baru bagi warga yang e-KTPnya mengalami kerusakan. Namun harus bersabar, sebab blangko belum tersedia dan nantinya akan dibuatkan KTP sementara sebagai pegangan warga apabila ada keperluan, fungsinya sama meskipun sementara," jelasnya.(*Regen)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.