Header Ads

Jabatan Pjs Kades Gumeg Dalam Dipertanyakan

TK/PAUD Pekik Nyaring Desa Gunung Megang Dalam Kecamatan Gunung Megang
yang dipertanyakan warga karena menggunakan dana ADD untuk pembangunannya
MUARA ENIM, SS – Jabatan Penjabat Sementara (Pjs) Kepala Desa Gunung Megang (Gumeg) Dalam Kecamatan Gunung Megang Kabupaten Muara Enim yang dijabat oleh Staf PNS Kecamatan Belimbing Jaya, Indra Jaya dipertanyakan oleh sebagian warga di desa tersebut.

Selain lamanya jabatan Pjs yang dipegang oleh PNS, warga juga mempertanyakan kinerja Pjs Kepala Desa Gunung Megang Dalam untuk pengelolaan Dana Desa (DD) dan dana Alokasi Dana Desa (ADD) tahun 2016 semenjak Pjs Kades dijabat oleh Indra Jaya.

“Jabatan Kades Gunung Megang Dalam definitif berakhir pada bulan April 2016 lalu dan sebagai Pjs ditunjuk staf Kecamatan Belimbing Jaya, Indra Jaya. Yang kami pertanyakan kenapa begitu lama jabatan Pjs ini dipegang staf PNS, sampai-sampai 1 tahun anggaran penuh tahun 2016 berakhir dan sampai sekarang bulan Februari 2017 masih menjabat,” ungkap Saiful, warga Desa Gunung Megang Dalam kepada wartawan, kemarin (21/2).

Dikatakan dia, selain mempertanyakan masa jabatan Pjs, warga juga mempertanyakan kinerja yang sudah dibuat oleh Pjs Kades Gunung Megang Dalam, Indra Jaya dalam hal pengelolaan Dana Desa (DD) dan dana Alokasi Dana Desa (ADD) tahun 2016 lalu. Dimana, salah satunya penggunaan dana diarahkan pembangunannya untuk pembangunan TK/PAUD Pekik Nyaring yang ada di desa tersebut.

“Setahu kami, dana desa tahun 2016 hanya dibangunkan untuk TK/PAUD itu saja dan tidak ada bangunan lainnya. Sementara banyak program lainnya seperti pemberian bantuan hewan ternak kambing dan bantuan perahu kepada masyarakat juga diklaim melalui dana desa, padahal menurut kami diperkirakan anggaran dana desa yang masuk ke kas desa kurang lebih Rp. 700 juta,” terang dia.

Camat Gunung Megang, Kurniawan, SSos dikonfirmasi di kantornya membenarkan jika salah satu staf PNS Kecamatan Belimbing menjabat sebagai Pjs Kades Gunung Megang Dalam. Bahkan, kata Kurniawan, tak hanya Desa Gunung Megang Dalam saja yang dijabat Pjs dari PNS, ada dua desa lainnya yakni Desa Sumaja Makmur dan Desa Fajar Indah juga dijabat Pjs kades dari PNS.

“Sudah ada pemberitahuan dari DPMPD Kabupaten Muara Enim bahwa Pilkades serentak akan dilaksanakan bulan September 2017. Di Kecamatan Gunung Megang ini, rencana tiga desa yang ikut Pilkades serentak yakni Desa Gunung Megang Dalam, Desa Sumaja Makmur dan Desa Fajar Indah,” terang dia.

Saat ini, kata Kurniawan, jabatan Pjs Kades Gunung Megang Dalam dijabat oleh Indra Jaya (Staf PNS Kecamatan Belimbing), jabatan Pjs Kades Sumaja Makmur dijabat oleh Manat Damiri (Staf PNS Kecamatan Gunung Megang) dan jabatan Pjs Kades Fajar Indah, Eko (Staf PNS Kecamatan Gunung Megang).

"Soal penggunaan dana desa (DD) dan dana alokasi dana desa (ADD) itu desa yang mengelolanya, bukan kecamatan. Silahkan tanya ke kadesnya saja,” pungkas Kurniawan.  

Sementara itu, Pjs Kades Gunung Megang Dalam, Indra Jaya dihubungi melalui ponselnya membenarkan dirinya menjabat sebagai Pjs Kades Gunung Megang Dalam. Soal lamanya jabatan Pjs Kades yang diembannya, dirinya hanya mematuhi SK Bupati soal penunjukkan Penjabat Sementara (Pjs) Kepala Desa Gunung Megang Dalam dan dirinya tidak ada niat untuk mencalonkan diri sebagai calon kades pada Pilkades serentak.

Soal bangunan TK/PAUD Pekik Nyaring, kata Indra, pihaknya sudah mengerjakan hal itu sesuai dengan petunjuk teknis pelaksanaan secara swakelola.

“Di TK/PAUD itu memang benar dibangun dari dana desa berupa pagar, bangunan TK/PAUD, mainan anak-anak samo bangun gudang disebelahnya. Kami hanya memanfaatkan tanah desa yang kosong itu untuk dibangun TK/PAUD,” jelas dia.(LEX)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.