Header Ads

Komisi I Dukung Pemekaran Dua Kecamatan di PALI

Anggota Komisi I DPRD PALI, Aka Kholik Darlin 
PALI, SS - Wacana Pemerintah Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) yang bakal memekarkan dua kecamatan, yakni Kecamatan Sebagut Ulu pecahan dari Kecamatan Talang Ubi dan Kecamatan Lematang Ilir pecahan dari Kecamatan Tanah Abang direspon positif Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten PALI dari komisi I.

"Sebagai mitra pemerintah, Komisi I bakal mendukung rencana itu dan akan mendorong pemerintah untuk mempercepat terbentuknya dua kecamatan tersebut," kata Anggota Komisi I DPRD PALI, Aka Kholik Darlin kepada portal ini, Kamis (2/2).

Politisi Partai Persatuan Pembangunan (PPP) asal Kecamatan Tanah Abang ini menilai langkah pemerintah sangat tepat agar pelayanan publik lebih efektif.

"Kami bakal dorong pemerintah untuk percepatan pembentukan dua kecamatan tersebut, karena wacana itu merupakan program prioritas untuk efektifitasnya pelayanan terhadap publik," ujar Aka Kholik.

Diharapkannya, apabila terbentuk, otomatis masyarakat yang jauh di pelosok menjadi mudah berurusan karena jarak ke Kantor Camat lebih dekat.

"Yang intinya, selain pelayanan publik lebih efektif, percepatan capaian program Bupati mewujudkan PALI Cemerlang bisa segera terwujud. Apabila pemerintah mengajukan ke dewan untuk pemekaran dua kecamatan itu, kami akan menyetujui," ungkapnya.

Diberitakan sebelumnya bahwa pemerintah melalui Asisten I Setda PALI Asrohi berencana memekarkan dua kecamatan, namun sebelumnya akan dikaji terlebih dahulu.

"Tentu perlu adanya kajian akademik dari akademisi seperti dari UIN Raden Fatah atau Universitas Sriwijaya. Kemudian ketika dinyatakan layak, barulah akan diusulkan ke DPRD PALI untuk dibuat Peraturan Daerah (Perda). Setelah itu, diajukan ke Pemerintah Provinsi hingga ke Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri)," beber Asrohi.(*REGEN)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.