Header Ads

Agendakan Penyuluhan LSM-Ormas Berkala

Elly Sardani, SE
MUARA ENIM, SS – Dinas Kesatuan Bangsa, Politik dan Lintas Masyarakat Kabupaten Muara Enim mengagendakan pembinaan dan penyuluhan bagi lembaga swadaya masyarakat(LSM) dan organisasi kemasyarakatan(ORMAS) di Kabupaten Muara Enim secara berkala. Selain memberikan pembinaan, kegiatan pembinaan dan penyuluhan juga berguna untuk pendataan LSM dan Ormas agar secara legal formal terdata di Pemerintah Kabupaten Muara Enim.

“Pendataan LSM dan Ormas sifatnya untuk pembinaan. Jika terdata, maka LSM atau Ormas yang bersangkutan dapat diundang untuk mengikuti penyuluhan dan pembinaan seperti hari ini,” ungkap Kepala Bidang Ketahanan Budaya, Agama, dan Kemasyarakatan Dinas Kesatuan Bangsa, Politik dan Lintas Masyarakat Kabupaten Muara Enim, Elly Sardani, SE pada acara penyuluhan LSM dan Ormas yang digelar Dinas Kesbangpol & Linmas Kabupaten Muara Enim di Hotel Griya Serasan Sekundang Muara Enim, Kamis (30/3).

Dikatakan Dani, kegiatan penyuluhan dan pembinaan LSM dan Ormas ini memang telah diagendakan secara berkala setiap tahunnya. Namun, karena keterbatasan anggaran, pelaksanaan penyuluhan dilaksanakan secara bertahap. “Pada kali ini diundang sebanyak 50 perwakilan LSM dan Ormas. Animonya cukup tinggi, dan jika dilihat keberadaan LSM dan Ormas di Kabupaten Muara Enim diperkirakan telah mencapai sekitar 500 LSM dan Ormas baik telah terdaftar dan terdata di Kesbangpol maupun yang belum,” pungkasnya.

Pada penyuluhan dan pembinaan ini, Kesbangpol Linmas Kabupaten Muara Enim mengundang beberapa narasumber yakni Kejaksaan Negeri Muara Enim, Kesbangpol Linmas Provinsi Sumsel, Polres Muara Enim, DPKAD dan Kesbangpol Linmas Kabupaten Muara Enim.

“Disini juga dijelaskan mengenai dana hibah bagi organisasi kemasyarakatan seperti LSM dan Ormas dan sesuai aturan dapat diberikan bantuan hibah sejak 2 tahun berdirinya organisasi kemasyarakatn tersebut. Ini juga sangat menguntungkan bagi organisasi jika terdaftar dan terdata di Kesbangpol,” jelas dia.

Diterangkan dia, saat ini perkembangan LSM dan Ormas tumbuh pesat di Kabupaten Muara Enim. Sebagai wadah berkumpul, diperlukan pula wadah organisasi ini untuk saling bertukar pendapat. “Kesbangpol sifatnya mendata, mengkoordinir dan melakukan penyuluhan dan pembinaan,” pungkas Sardani.(LEX)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.