Header Ads

Kejaksaan Launching Aplikasi Berbasis Android

Kajari Muara Enim,
Adhyaksa Darma Yuliano, SH, MH
MUARA ENIM, SS - Kejaksaan Negeri Muara Enim telah melaunching aplikasi berbasis android sebagai bentuk program pelayanan informasi publik guna meningkatkan pelayanan informasi yang lebih terbuka, transparan serta akses informasi yang lebih cepat ke masyarakat.

Kejaksaan Negeri Muara Enim, Adhyaksa Darma Yuliano, SH, MH mengatakan sejak dilaunching per 24 Maret 2017 lalu, Kejaksaan Negeri Muara Enim resmi memiliki aplikasi berbasis android untuk memberikan pelayanan informasi publik kepada masyarakat.

Adapun cara penggunaan agar masyarakat bisa mengakses aplikasi tersebut yakni dengan memastikan handphone atau tablet berbasis Android, kemudian buka icon Play Store dan selanjutnya ketik Kejari Muara Enim, lalu download aplikasi Kejari Muara Enim untuk menginstal atau memasang aplikasi pada android.

“Kemudian ikuti langkah selanjutnya, yang berisi informasi tentang Kejaksaan Negeri Muara Enim, dan menu Laporan dari masyarakat/ Pengaduan yang bisa menyertakan bukti berupa foto dan identitas pelapor yang dipastikan tidak akan dipublikasikan secara online,” ungkap Adhyaksa, kemarin (28/3).

Selain laporan masyarakat, kata Adhyaksa, aplikasi ini juga memungkinkan untuk mengundang Jaksa masuk ke sekolah-sekolah yang berkaitan dengan program Jaksa masuk Sekolah, ke desa-sesa melalui program Jaksa masuk Desa yang semuanya melalui program Penerangan hukum dan Penyuluhan hukum dan Program konsultasi tentang permasalahan hukum Perdata dan Tata Usaha Negara. “Secara langsung nantinya pertanyaan akan kami jawab melalui aplikasi ini,” tukasnya.

Begitu pula mengenai fungsi lainnya, kata Adhyaksa, aplikasi ini juga membantu pihaknya dalam memperoleh laporan langsung dari masyarakat untuk tugas pengawasan orang asing, pengawasan aliran kepercayaan dan aliran keagamaan dalam masyarakat. Masyarakat bila mengetahui hal tersebut dapat langsung menyampaikan informasi melalui aplikasi tersebut.

“Biasanya laporan langsung dari masyarakat selain lebih cepat juga lebih akurat karena dilaporkan langsung oleh pelapor dari lokasi kejadian. Aplikasi ini akan terus diupdate dan pengembangan baik dari berita maupun menu aplikasi yang perlu masukan dari masyarakat,” tukas dia. (LEX)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.