Header Ads

Ridho Resmikan Penggunaan Gedung Hermodialisa

PRABUMULIH, SS - Walikota Prabumulih Ir H Ridho Yahya MM meresmikan penggunaan gedung hermodialisa (Cuci Darah), peresmian dilakukan dengan pemotongan pita oleh Direktur RSUD dr Rusmini dan pakar nefrologi dari Palembang dr Ian Effendi serta sejumlah pejabat yang hadir, berlokasi di RSUD Prabumulih, Selasa (18/4).

Walikota mengharapkan dengan adanya gedung tersebut, agar dapat dimanfaatkan secara maksimal oleh warga Prabumulih terutama para pasien yang memerlukan cuci darah.

“Kita selalu berusaha agar RSUD di Prabumulih terdepan dalam pelayanan terhadap warga Prabumulih, karena itu kita mengupayakan agar sarana disini dapat lengkap dan modern, salah satunya dengan adanya fasilitas cuci darah,” ujarnya pada wartawan.

Dikatakannya pula, di Kota Prabumulih ada sebanyak 35 orang yang harus rutin cuci darah dan harus bolak-balik ke Palembang. "Itu butuh biaya yang lumayan besar, sehingga dengan adanya pelayanan cuci darah di RSUD Prabumulih, setidaknya bisa mengurangi beban mereka terutama dalam hal biaya dan waktu yang tak perlu jauh ke Palembang,” bebernya.

Tak hanya itu, pihaknya juga akan menganggarkan dana untuk kebutuhan darah agar pasien tak perlu mengeluarkan biaya lagi alias gratis. “Selama ini kan, kalau mau darah harus bayar biaya Senilai Rp 300 ribu. Nah, dana itu akan kita tanggung lewat APBD kita dan akan segara kita anggarkan pada ABT tahun ini,” terangnya.

Sementara itu Direktur RSUD Prabumulih dr Rusmini menuturkan bahwa, pihaknya melengkapi gedung hermodialisa berawal dari keluhan warga agar adanya fasilitas cuci darah di RSUD. “Keluhannya ke Walikota, mereka ingin agar fasilitas cuci darah juga ada di RSUD Prabumulih, karena itu kita usahakan dan akhirnya dapat diresmikan hari ini,” ungkapnya.

Diterangkannya lebih lanjut, bahwa pihaknya menggandeng pihak ketiga dalam penyediaan mesin cuci darah. “Pihak PT Sinar Roda Utama yang menyediakan alatnya sebanyak 4 buah, sementara kita, menyediakan tempat dan tenaga SDM sebanyak 5 orang sebagai petugasnya, kita berharap agar nantinya, gedung hermodialisa ini dapat bermamfaat dengan baik,” tandasnya.

Terpisah dr Ian Effendi pakar nefrologi dari Palembang, menyampaikan bahwa pelayanan cuci darah di RSUD Prabumulih, setidaknya sangat membantu bagi warga Prabumulih dan kabupaten sekitarnya. “Jelas sangat membantu, pelayanan cuci darah disini merupakan yang keenam di Sumsel, kita yakin akan banyak pasien kesini, keadaan ini kita sangat apresiasi,” pungkasnya.(NR)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.