Header Ads

SMAN 1 Gunung Megang Gelar Perpisahan Siswa Kelas XII

MUARA ENIM, SS – SMA Negeri 1 Gunung Megang Kecamatan Gunung Megang Kabupaten Muara Enim menggelar pelepasan dan perpisahan sebanyak 241 siswa-siswi kelas XII. Acara yang berlangsung meriah itu diadakan di halaman sekolah, Kamis (20/4).

Hadir dalam acara itu, Bupati Muara Enim Ir H Muzakir Sai Sohar yang diwakili Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Muara Enim Drs H Muzakar MPd, Kasi Perbantuaan SMA Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Muara Enim Drs Amir Hamzah, Kapolsek Gunung Megang, Camat Gunung Megang Kurniawan SSos, unsur Pemerintah Kecamatan Gunung Megang dan Wali Murid kelas XII serta tamu undangan lainnya.  

Walaupun acara yang merupakan inisiatif dari para siswa ini digelar secara sederhana namun tamu undangan yang hadir terutama siswa kelas XII yang akan meninggalkan sekolah sangat antusias mengikuti acara hingga akhir.

Dalam sambutannya Kepala SMAN 1 Gunung Megang berharap agar semua siswa dapat lulus dan jangan melupakan SMAN 1. “Kita berharap siswa kita kelas XII bisa semua lulus 100 persen dan jangan lupa menjunjung tinggi almamater sekolah kita di mana pun kalian berada, baik di saat melangkah ke perguruan tinggi maupun saat kalian bekerja nanti," ujarnya.

Dijelaskannya, selain menggelar acara perpisahan, SMAN 1 Gunung Megang dalam kesempatan ini juga mengadakan SMANSAGUM Open ke-1. Kegiatan itu dilaksanakan oleh pihaknya sebagai upaya untuk meningkatkan minat dan bakat siswa-siswi di bidang akademik maupun non akademik.

“Kegiatan SMANSAGUM Open ke-1 ini adalah yang pertama kali diadakan di SMA Negeri 1 Gunung Megang dan kegiatan ini akan dilaksanakan selama 3 hari yakni dari tanggal 20-23 April 2017. Pembukaannya digelar bersamaan dengan acara pelepasan dan perpisahan siswa kelas XII,” jelasnya.

Ia berharap dengan dengan adanya kegiatan SMANSAGUM Open ini agar kemampuaan peserta didik kita di dalam bidang akademik dan seni dapat melihat. “Mengingat acara ini hanya diadakan perlombaan ranking 1 untuk kategori tingkat SMP dengan materi Bahasa Indonesia, Matematika, IPA dan IPS. Sementara di bidang seni kategorinya yakni Nasyid, LTKBB Pramuka, dan LTKBB Paskibraka tingkat SMA se-Kabupaten Muara Enim. Dengan adanya kegiatan ini kami juga berharap agar siswa SMA Negeri 1 Gunung Megang tidak hanya mampu menujukan kemampuaannya di lingkungan sekolah ini saja, namun mereka bisa membuktikan diluar sekolah. Tidak seperti katak di dalam tempurung yang hanya mampu memperlihatkan kemampuaannya dilingkungannya saja," bebernya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Muara Enim Drs H Muzakar MPd yang mewakili Bupati Muara Enim Ir H Muzakir Sai Sohar menyampaikan ucapan selamat kepada siswa kelas XII yang telah menyelesaikan pendidikannya.

Dalam kesempatan itu ia juga menyampaikan bahwa pendidikan adalah investasi jangka panjang sehingga Pemkab Muara Enim akan selalu memberikan mensuport dan mendukung kegiatan-kegiatan yang diadakan oleh pendidikan menengah.

“Walaupun sudah diterbitkanya UU Nomor 23 Tahun 2016 terkait kewenangan pendidikan menengah sudah diambil alih oleh pemerintah provinsi, namun Pemkab Muara Enim akan tetap memberikan dukungan terhadap pendidikan menengah,” terangnya.

Dikatakannya, pihaknya memberikan apresiasi kepada Kepala SMA Negeri 1 Gunung Megang atas telaksananya kegiatan SMANSAGUM Open Ke- I. Semoga dengan adanya kegiatan ini  agar dapat meningkatkan prestasi anak didiknya baik dibidang akademik maupun non akademik.

Ia berharap, dengan adanya kegiatan pengembangan bakat dan minat siswa seperti ini akan dapat mempererat hubungan silaturahmi antar pelajar dan juga dapat mewujudkan Muara Enim SMAS.

"Semoga dengan adanya kegiatan seperti ini dapat terjalin silaturahmi antar pelajar se-Kabupaten Muara Enim. Saya berharap kepada seluruh peserta SMANSAGUM Open ini agar selalu menjunjung tinggi sportifitas di dalam bertanding, karena di dalam sebuah pertandingan, kalah menang itu adalah hal biasa. Namun sportifitas harus tetap dijunjung tinggi supaya silaturahmi tetap terjalin dan visi misi Kabupaten Muara Enim Sehat, Mandiri, Agamis dan Sejahtera (SMAS) dapat tercapai," tandasnya.(Kalvin)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.