Header Ads

Pagelaran Seni Budaya dan Tari Meriahkan Hardiknas di Muara Enim

MUARA ENIM, SS - Bupati Muara Enim H Muzakir Sai Sohar dan unsur FKPD Muara Enim serta masyarakat menghadiri acara peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) yang digelar oleh Sanggar Tari Arizka Cipta Muara Enim, Selasa (2/5) di Gedung Kesenian Putri Dayang Rindu.

Acara itu diisi dengan Pagelaran Seni Budaya dan Tari yang dimeriahkan oleh ratusan anak-anak di Kabupaten Muara Enim. Ada 15 seni tari dan 4 lagu daerah yang ditampilkan pada acara tersebut. Beberapa diantaranya dibawakan secara massal oleh anak-anak yang berjumlah lebih dari seratus orang. 

Karena umurnya yang masih belia, kerap kali mereka melakukan kesalahan dalam membawakan tari. Namun hal itu, justru mengundang tawa penonton yang merasa lucu menyaksikan penampilan anak-anak tersebut. 

Ketua Pelaksana kegiatan, HM Rasyid AR saat kepada sinarsumatera.com mengatakan, acara tersebut baru pertama kali dilaksanakan oleh sanggar tarinya. 

"Kita memberanikan diri untuk melaksanakan kegiatan seperti ini. Kita berharap nantinya anak-anak lebih aktif dan giat lagi belajar, serta Pemerintah dapat memberikan peluang bagi kita," ujar Rasyid. 

Dikatakan oleh Rasyid, dari 15 tari yang ditampilkan, beberapa diantaranya merupakan ciptaan dari sanggar tari Arizka Cipta. 

"Beberapa merupakan ciptaan atas nama saya sendiri dan pemain musik serta penari sanggar tari Arizka Cipta Muaraenim. Ada juga tari yang kita padukan dengan lagu-lagu daerah untuk memperbanyak suasana gerak," papar Rasyid. 

Sementara itu, Bupati Muaraenim saat dikonfirmasi menyampaikan apresiasinya terhadap pagelaran seni tersebut. Menurut Muzakir, sebagai putra daerah sudah menjadi kewajiban untuk melestarikan seni dan budaya daerah. "Acaranya bagus, makanya saya tahan nonton sampai tiga jam," cetus Muzakir. 

Dengan adanya kegiatan tersebut, kata Bupati, dirinya berharap dapat memperkenalkan Kabupaten Muaraenim ke daerah luar melalui seni dan budaya. "Jika memang memungkinkan, nanti akan kita ikutkan dalam festival budaya internasional," ungkap Muzakir. 

Selain itu, lanjut Muzakir, seni budaya merupakan asset daerah. Untuk itu, Pemkab Muaraenim akan terus memberikan motivasi agar seni dan budaya dapat terus digali di semua daerah di Kabupaten Muaraenim.(Kalvin)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.