Header Ads

SMAN 1 Lawang Kidul Lepas 270 Siswa

MUARA ENIM, SS - Setelah usai melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK), Rabu (3/5), SMA Negeri 1 Lawang Kidul langsung melepas siswa kelas XII di halaman sekolah.

Acara pelepasan dihadiri Perwakilan Bupati Muara Enim yang di wakili oleh Asisten III Drs Ibrahim Ilyas MM, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Muara Enim Muzakar, Tripika Lawang Kidul, UPTD Disdik, KUA, para kepala sekolah dan orang tua siswa. Acara itu sendiri terselenggara atas kerjasama komite sekolah dengan orang tua atau wali murid.

Kepala sekolah SMAN 1 Lawang Kidul Hj Rita Sustriani MPd mengungkapkan, bahwa siswa Kelas XII tahun ajaran 2016/2017 di lepas ajaran 2016/2017 berjumlah 270 siswa dengan rincian program IPA sebanyak 141 siswa, program IPS sebanyak 129 siswa, mereka dikembalikan lagi kepada orang tuanya.

Ditambahkannya, walau merasa berat namun ia merasa bangga dan berpesan agar siswa yang dilepas dapat meraih kesuksesan serta dapat melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.

"Tak terasa tiga tahun telah berlalu, dari awal kalian masuk dan menuntut ilmu di sekolah hingga saat ini, Ibu sangat bangga. Berat rasanya untuk melepas kalian, tapi itu harus dilakukan karena salah satu kewajiban Ibu melepaskan kalian untuk dapat melanjutkan pendidikan. Selamat meneruskan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi untuk meraih cita-cita, mudah-mudahan menjadi orang sukses dan ingat jaga nama baik sekolah," ujarnya.

Sementara itu, Asisten III Setda Muaraenim H Ibrahim Ilyas menyampaikan, bahwa tanggung jawab terlaksananya proses pendidikan bukan hanya tugas seorang guru dan pemerintah. Namun juga memerlukan peran orang tua untuk mendidik anak-anak menjadi pribadi yang berhasil bersaing pada kondisi ketatnya persaingan tenaga kerja saat ini. 

"Selain itu, di era revolusi teknologi saat ini, kita juga harus memastikan apa yang mereka pelajari merupakan hal yang mereka butuhkan untuk menjawab tantangan jaman," ujar Ibrahim.

Dirinya juga mengatakan, untuk bersaing ada tiga komponen yang harus dimiliki, yakni kualitas karakter, kemampuan literasi dan kompetisi. Kemampuan karakter sendiri, lanjut Ibrahim terbagi menjadi dua yakni karakter moral dan karakter kinerja.

"Karakter moral antaranya nilai Pancasila, keimanan, ketakwaan, kejujuran, keadilan, empati, rasa welas asih dan sopan santun. Sedangkan karakter kinerja diantaranya kerja keras, ulet, tangguh, rasa ingin tahu dan kemampuan beradaptasi serta kepemimpinan," papar Ibrahim. 

Kemudian literasi memungkinkan anak-anak meraih ilmu dan kemampuan yang lebih tinggi serta menerapkannya di kehidupan sehari-hari.

"Terakhir yaitu komponen kompetisi, agar anak-anak mampu menghadapi masalah yang kompleks dan tidak terstruktur dengan kreatifitas, kemampuan berfikir kritis dan kemampuan memecahkan masalah," pungkas Ibrahim.(Kalvin)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.