Header Ads

Pemkab dan PWI Lahat Akan Gelar UKW Gratis

LAHAT, SS – Pemerintah Kabupaten Lahat melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) bekerjasama dengan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Lahat akan menggelar Uji Kompetensi Wartawan (UKW) pada bulan November 2017 mendatang. UKW yang digelar rencananya tidak dipungut biaya alias gratis karena dana sudah disiapkan Pemkab Lahat untuk kelancaran pelaksanaan kegiatan.

Kepala Diskominfo Lahat H Agustiar Effendi melalui Kabid Pelayanan Media dan Informasi Wawan Ismawan, Shut mengatakan, pelaksanaan UKW sengaja diadakan guna meningkatkan kualitas dan profesionalisme para Jurnalis yang bertugas di Kabupaten Lahat. UKW sendiri rencananya akan digelar pada bulan November 2017 dan bekerjasama dengan PWI Kabupaten Lahat. Saat ini, sedang dilakukan persiapan termasuk rencana mendatangkan tim penguji dari Dewan Pers dan PWI Provinsi Sumsel.

"Untuk kepastian tanggal UKW masih akan dibahas. Dalam waktu dekat Kominfo akan membahas rencana ini bersama PWI Lahat, agar persiapan benar-benar matang dan tidak meleset. Kemudian bagi wartawan yang sudah UKW maka diharapkan tidak ikut serta," ujarnya.

Dijelaskannya, untuk UKW para peserta khususnya yang terdaftar di PWI Kabupaten Lahat tidak akan dipungut biaya karena semuanya telah difasilitasi oleh Pemkab Lahat. Namun, untuk peserta yang berasal dari luar daerah semuanya akan diserahkan kepada PWI Kabupaten Lahat apakah ada penambahan kuota atau tidak.

"Untuk peserta dianggarkan sebanyak 55 orang, jika ada penambahan dari luar daerah semuanya tergantung dengan PWI Kabupaten Lahat untuk mekanismenya, karena yang pasti UKW ini merupakan salah satu bentuk perhatian Pemkab Lahat kepada para wartawan," imbuhnya.

Sementara itu, Ketua PWI Kabupaten Lahat Syafudin SH melalui Sekretaris Dafri Cakuk menuturkan, UKW sudah menjadi salah satu program kerja yang akan dijalankan pada tahun 2017 ini karenanya pihaknya mengimbau agar para wartawan yang ingin turut serta untuk dapat mempersiapkan diri karena penguji berasal dari Dewan pers sehingga apapun hasilnya tidak akan dintervensi.

"Sebelum UKW ada praUKW dan kita akan undang PWI Provinsi untuk memberikan bimbingan, dalam waktu dekat akan diadakan rapat untuk memutuskan jadwal pelaksanaan UKW nanti," pungkasnya.(Fr)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.