Header Ads

Tarif Parpol Mahal Jalur Independen Laris Manis

LAHAT, SS - Diklaim mahalnya tarif pinangan Partai Politik (Parpol) untuk menjadi persyaratan lolos di KPU Lahat menjadi alasan banyaknya kandidat Bakal Calon Bupati (Balonbup) Lahat lebih memilih jalur independen. Hal ini diyakini jika seluruh Paslon yang mendaftar lolos verifikasi maka akan meninggikan tensi politik di Bumi Seganti Setungguan.

Pengamat Politik Kabupaten Lahat Dafri Yoshari mengatakan, besarnya biaya yang harus dikeluarkan jika melalui jalur Parpol menjadi salah satu alasan kenapa banyaknya kandidat Balonbup yang lebih memilih jalur independen. Apalagi, melihat peta politik yang muncul saat ini dimana para elit parpol yang memiliki segudang pengalaman dan ditopang kemampuan materi menjadi salah satu alasan Balonbup kalah bersaing.

"Jika dihitung dari segi materi mungkin lewat jalur independen lebih efisien daripada melalui dukungan Parpol, meskipun persyaratan untuk lolos verifikasi tidak mudah," ujarnya.

Ditambahkan Dafri, jika mengacu pada aturan yang ada dalam undang-undang pemilu mungkin tidak lebih dari tiga Paslon yang bertarung. Apalagi, jika melihat komposisi partai yang tidak ada satu pun yang bisa mengusung Cabup sendiri melainkan harus berkoalisi dengan Parpol lain.

"Jika ketiga Paslon independen yang mendaftar lolos verifikasi yakni PSR-Rozi, HP-Erlan dan Dodo Arman maka harus diselidiki keabsahan datanya karena jelas dukungan KTP ganda melanggar aturan yang ada sehingga Panwaslu harus proaktif dalam melakukan pengawasan," imbuhnya.

Sebelumnya, Balonbup Independen Brigjen Pol Purn Zulkarnaen menuturkan, untuk mendapatkan dukungan Parpol memerlukan biaya sekitar Rp. 500-600 juta perkursi sehingga hal inilah menjadi pertimbangan untuk lebih memilih jalur independen karena masyarakat yang mendukung untuk mencalonkan diri sebagai Bupati Lahat.

"Kamu maju sesuai dengan keinginan hati nurani dan tidak memikiki modal yang besar, namun kami tetap optimis menang, karena yang memilih adalah rakyat dan Parpol hanya faktor pendukung untuk lolos persyaratan,” pungkasnya.(Argo)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.