Header Ads

Dinas Pertanian Lakukan Gerakan Massal Pengendalian OPT

LAHAT, SS – Dinas Pertanian Kabupaten Lahat bersama puluhan petani yang tergabung dalam Poktan Sberangpangi melakukan Gerakan Massal Pengendalian Organisme Pengganggu Tanaman (OPT) dengan cara disemprot menggunakan fungisida/bakterisida di Desa Pandan Arang Kecamatan Kikim Selatan, Jum’at (15/12).

Khususnya untuk penyakit hawar daun/kresek, diketahui bahwa saat ini telah menyerang lebih kurang 8 ha sawah dari total luas hamparan/ataran Sberangpangi sekitar 500-an ha (Desa Pandan Arang, Keban Agung dan Tanjung Kurung).

Hadir dalam kegitan itu Kepala Dinas Pertanian Lahat Ir H Agustia Budiman MM yang diwakili oleh Kabid Tanaman Pangan A. Firdaus SP MMA didampingi Kepala UPTD TPH H Zainal Arifin, Kepala BP3K Sumirin, Petugas dari UPTD Baperlintan Sumsel, LPHP, Brigade Proteksi Wilayah Lahat-Muara Enim-PALI, PPL, Babinsa,  Koramil Kikim, Kades dan Perangkat Desa beserta puluhan petani Poktan Sberangpangi.

Dalam kesempatan itu, Pemprov Sumsel dan Pemkab Lahat memberikan bantuan racun/obat pembasmi fungisida/bakterisida yang digunakan untuk pengendalian masal dan pencegahan penyakit hawar daun/ kresek.

Menurut Samino Petugas POPT, penyakit ini disebabkan oleh perubahan iklim, kelebihan UREA dan kekurangan NPK dan diperparah dengan angin yang kencang sehingga terjadi gesekan antar daun yang menyebabkan daun luka dan penularan semakin cepat.

“Untuk mengantisipasinya perlu dilakukan pemupukan berimbang, sanitasi lingkungan dan bila terserang dilakukan dengan cara alami dahulu baru penyemprotan,” jelasnya.

Alpian salah satu wakil poktan mengatakan, bahwa pihaknya berterima kasih atas perhatian dan bantuan yang telah diberikan oleh pemerintah ini.

“Kami sangat berterima kasih atas kepedulian dan perhatian Bupati Lahat melalui Dinas Pertanian yang telah banyak membantu petani disini,” ujarnya.(Arg)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.