Header Ads

Harga Lebih Murah, Dinas Pertanian Imbau Kelompok Tani Gunakan Pupuk Bersubsidi

PRABUMULIH, SS – Kelompok tani di Kota Prabumulih diimbau agar menggunakan pupuk bersubsidi ketimbang pupuk nonsubsidi. Hal ini diungkapkan oleh Kepala Dinas Pertanian Kota Prabumulih Drs Syamsul Rizal MSi, Selasa (5/12).

Dikatakannya, penggunaan pupuk bersubsidi mempunyai keunggulan yakni harganya lebih murah dari pupuk nonsubsidi.  “Jenis harga pupuk bersubsidi yakni Urea harganya Rp 1.800 perkilo dan Rp. 90 ribu persaknya, NPK Rp. 2.300 perkilo dan Rp. 115 ribu persaknya, ZA Rp. 1.400 perkilo dan Rp. 70 ribu persaknya serta terakhir SP 36 yang harganya Rp. 2000 perkilo dan Rp. 100 ribu persaknya,” ujarnya.

Menurutnya lagi, untuk diketahui saat ini masih ada sekitar 1 ton pupuk bersubsidi yang belum ditebus oleh kelompok tani yang ada di wilayah Kecamatan Prabumulih Utara. “Diharapkan kepada kelompok tani agar kiranya dapat menebus pupuk tersebut untuk digunakan memupuk tanaman seperti karet,” ungkapnya.

Ditambahkannya, untuk merealisasikan penyaluran pupuk bersubsidi selama ini pihaknya sudah membentuk tim khusus untuk menjaga hal yang tidak diinginkan. “Tim tersebut dibawah pengawasan Assisten II Pemkot Prabumulih dan juga melibatkan pihak Kejaksaan dan Diskoperindag dengan tujuan agar realisasi sejumlah pupuk bersubsidi tepat sasaran dan tidak terjadi penyelewengan,” jelasnya.

Sementara itu, Bagian Penyuluh Pertanian di Kecamatan Prabumulih Barat, Endang mengatakan, bahwa permasalahan harga pupuk yang harga jualnya tidak sama terutama di tingkat pengecer selisihnya berkisar Rp. 2000. “Untuk menebus pupuk tersebut harus memiliki Kartu Rencana Definitif Kebutuhan Kelompok (RDKK) yang mana harus sesuai dengan indentitas KTP. Jika tidak sesuai pupuk tidak bisa diambil,” ungkapnya.

Diakuinya, sebagai Tim Penyuluhan dikecamatan ia kesulitan untuk memaparkan harga jual pupuk secara terbuka kepada kelompok tani. “Karena harga dari Dinas Pertanian tidak sama dengan harga ditingkat pengecer dan distributor,” pungkasnya.(Nr)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.