Header Ads

8-10 Januari, Pendaftaran Paslon

* Calon Harus Bawa Formulir B1
Komisioner KPU Muara Enim Bidang Hukum
Nofrizal Pahlevi
MUARA ENIM, SS -  Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Muara Enim membuka secara resmi pendaftaran bakal calon Bupati dan Wakil Bupati Muara Enim pada tanggal 8-10 Januari 2018. Pendaftaran ini, dilakukan serentak untuk pasangan calon dari jalur perseorangan dan calon dari jalur gabungan partai politik.

"Secara resmi, kami membuka pendaftaran dari tanggal 8 Januari sampai dengan tanggal 10 Januari 2018. Itu sudah sesuai jadwal yang ditetapkan KPU RI," ungkap Ketua KPU Kabupaten Muara Enim, Rohani, SH didampingi Komisioner Bidang Hukum, Nofriza Pahlevi, Kamis kemarin (4/1).

Dikatakan Pahlevi, pada saat pendaftaran para pasangan calon harus sudah membawa persyaratan dukungan berupa formulir B1 dari KPU baik untuk calon perseorangan maupun calon dari partai politik.

"Untuk formulir B1 calon dari Parpol harus mendapatkan persetujuan dari pimpinan partai politik di Pusat. Beberapa calon sudah mengambil formulir B1 di KPU untuk mendapatkan persetujuan ke pimpinan parpol pendukungnya, pada saat pendaftaran mereka harus membawa formulir itu kembali," terang dia.

Selain itu, kata Pahlevi, secara teknis para pasangan calon juga harus melengkapi persyaratan lainnya sesuai dengan UU No.10 tahun 2016, PKPU No.3 tahun 2017 dan PKPU No. 15 tahun 2017.

"Termasuk didalamnya berupa persyaratan surat pernyataan tertulis pengunduran diri bagi anggota DPRD, Pegawai Negeri Sipil, dan surat pernyataan bersedia cuti diluar tanggungan negara selama masa kampanye bagi calon incumbent. Mengenai keengkapan berkas persyaratan, sesuai jadwal kami akan melakukan penelitian berkas dari tanggal 10-16 Januari dan akan diberikan waktu perbaikan berkas sampai batas waktu ditentukan. Sedangkan tes kesehatan akan dilakukan pada tanggal 8-15 Januari," tukasnya.

Dijelaskan Pahlevi, persyaratan bagi para calon begitu penting, karena apabila tidak sesuai persyaratan, maka KPU berhak untuk tidak meloloskan para calon.

"Nantinya pada saat penetapan calon pada tanggal 12 Februari, bagi calon yang memenuhi persyaratan akan ditetapkan sebagai pasangan calon. Kami menghimbau agar tim sukses pasangan calon untuk segera menghubungi kami guna mendapatkan informasi persyaratan tersebut," pungkas dia.(LEX)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.