Header Ads

Kondisi Cuaca Berpengaruh Pada Harga Batu Bata

LAHAT, SS - Salah satu daerah penghasil Batu Bata di Kabupaten Lahat tepatnya di Kelurahan Sari Bungamas Kecamatan Kota Lahat beberapa tahun terkahir mampu tembus pasar beberapa kabupaten kota di Sumatera Selatan (Sumsel).

Tiap harinya hilir mudik kendaraan pengangkut batu bata dari luar Kota Lahat sering kali dijumpai.

"Sejauh ini kita cukup kewalahan melayani konsumen yang datang, apa lagi pada saat musim proyek dan banyaknya pengembang perumahaan beberapa tahun terakhir baik di Kabupaten Lahat dan luar kota," ungkap Eko salah seorang pengusaha cetak batu bata, Rabu (03/01/2018) di lokasi lahan cetak Batu Bata miliknya.

Banyaknya peminat batu bata di Kelurahan Sari Bungamas tidak lepas dari kualitas batu bata yang mereka jual. Banyaknya pengusaha cetak batu bata juga berpengaruh besar. Setiap pembeli yang datang bisa memilih tempat pembelian dengan negosiasi sehat tanpa merugikan pengusaha batu bata lainya.

"Jika tidak cocok, maka konsumen bebas pindah membeli kepada pengusaha lainnya. Dan apabila batal kita arahkan ke pembuat batu bata lainnya. Sementara, apa lagi batu bata sedang kosong belum dicetak, konsumen biasanya telah memanjar uang terlebih dahulu," jelasnya.

Terkait harga, sambungnya, untuk jenis batu bata pres lebih murah ketimbang manual meskipun tidak banyak perbedaan. Harga jual sendiri kita lihat kondisi cuaca, jika kemarau lebih murah ketimbang musim penghujan seperti saat ini. Itu salah satu faktor naiknya harga bata ditempat kita.

"Musim penghujan semua pengusaha bata akan menaikan harga, pasalnya, proses pembuatannya memakan waktu cukup lama. Seperti saat ini jenis Bata Pres Rp. 650 sedangkan manual Rp. 750 setelah dinaikan ke mobil," ungkapnya.(Arg)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.