Header Ads

Warga Desa Tegal Rejo Dilatih Keterampilan Menjahit

MUARA ENIM, SS - Sebanyak 30 peserta kaum perempuan warga Desa Tegal Rejo Kecamatan Lawang Kidul Kabupaten Muara Enim yang terdiri dari 14 RT telah selesai mengikuti dan melakukan pelatihan keterampilan menjahit yang dipersiapkan untuk Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Desa Tegal Rejo. Kegiatan itu diadakan di Balai Desa Guno Mulyo Desa Tegal Rejo, Jumat, (05/01).

Hadir dalam acara tersebut, Kepala Desa Tegal Rejo Tedi Harsoyo, Mardianto Ketua BPD, Pahmi mewakili Kecamatan Lawang Kidul, Direktur BUMDes Tegal Rejo Panjahri, Koramil 0404 Lawang Kidul yang diwakili Serka Deky Iskadar, Brigadir Pajri Arianto dari Polsek Lawang Kidul dan Acif Endang Suprlatna selaku nara sumber.

Perwakilan Kecamatan Lawang Kidul Pahmi dalam kesempatan itu mengatakan, dengan selesainya pelatihan ini hendaknya tidak berhenti belajar dan menyalurkan apa yang didapat dalam pelatihan selama ini.

“Dengan berakhirnya pelatihan ini semoga apa yang di dapat di sini bisa berguna untuk diri sendiri maupun masyarakat. Kedepannya, kita juga akan bekerja sama dengan BUMDes,” ujarnya

Sementara itu, Kades Tegal Rejo menyampaikan, dengan selesainya pelatihan ini semoga bisa berguna untuk perserta maupun masyarakat untuk menunjang perekonomian keluarga.

“Saya berharap agar sekolah-sekolah, instansi maupun stekholder perusahan yang berada di wilayah Desa Tegal Rejo khususnya, Lawang Kidul umumnya dapat bekerja sama dengan pihak BUMDes dalam hal untuk menjahit berbagai jenis pakaian yang dibutuhkan,” ungkapnya.

Dikatakannya, bahwa untuk kedepannya, bukan hanya pelatihan menjahit saja yang akan kita lakukan, melainkan juga akan diberikan pelatihan sablon baju dan pembuatan pupuk kompos dari bank sampah yang ada.

"Kegiatan keterampilan menjahit tersebut mengunakan dana desa untuk BUMDes, dengan jumlah senilai Rp. 60 juta yang diikuti 30 peserta dalam waktu 200 jam kerja," tambahnya, saat dihubungi melalui telepon seluler.

Sedangkan Dirut BUMDes Panjahri mengungkapkan, bahwa dengan terciptanya sumber daya manusia yang handal maka kedepannya bisa menunjang kemandirian peningkatan perekonomian kemasyarakatan. Dengan berdirinya BUMDes Tegal Rejo maka kreasi dan usaha mikro kedepan bisa terkaper berkembang dan mempunyai nilai lebih.

“Kami berharap semoga perusahaan khususnya yang ada diwilayah Lawang Kidul bisa menjadi mitra dan bapak angkat bagi BUMDes Desa Tegal Rejo dalam peningkatan ekonomi kemasyarakatan,” ungkapnya.(KLT)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.