Header Ads

Dari Januari 2018, Sudah 83 Pasangan Pengantin Nikah di KUA Lawang Kidul

MUARA ENIM, SS – Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Lawang Kidul Kabupaten Muara Enim sejak Januari sampai Februari tahun 2018 ini telah melaksanakan pernikahan terhadap 83 pasangan. Hal ini diungkapkan Kepala KUA Lawang Kidul Midi Shi saat ditemui portal ini, Kamis (22/2).

Dikatakannya, pihak menyiapkan tiga petugas penghulu sehingga pelaksanaan dapat dilaksanakan secara efektif supaya tidak terbentur.

“Untuk setiap minggunya bisa sebanyak 5 sampai 15 calon yang melaksanakan pernikahan diwilayah Kecamataan Lawang kidul,” ujarnya.

Lanjutnya, beberapa pasangan yang  telah dinikahkan terdapat 2 pasangan berusia dibawah umur dan satu pasangan berusia lanjut.

Menurutnya permasalahan yang sering timbul saat akan melaksanakan pernikahan adalah belum adanya kesepakatan dari orang tua pengantin.

“Khusus untuk pernikahan di bawah umur ini, kita dari pihaknya KUA Lawang Kidul terlebih dahulu melakukan pendekatan secara persuasif. Selanjutnya kita memanggil orang tua pasangan tersebut untuk kita berikan masukan tentang bahayanya menikah di saat usia muda. Namun jika orang tua pasangan tetap mau melangsungkan pernikahan, mereka kita kirim ke Pengadilan Agama untuk mendapatkan izin pernikahan usia di bawah umur. Hal ini jelas berdasarkan peraturan terkait batas minimal usia nikah menurut Undang-undang Nomor 1 tahun 1974 tentang perkawinan isi penjelasan Pasal 7 ayat 2 usia minimal pernikahan yakni laki-laki berusia 19 tahun dan perempuan 16 tahun, dapat nikah melalui pengadilan agama", jelasnya.(KLT)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.