Header Ads

Halaman SMPN 1 Plakat Tinggi Beralih Fungsi Jadi Tempat Ternak Sapi

MUSI BANYUASIN, SS - Halaman sekolah merupakan tempat untuk melakukan semua kegiatan baik upacara, olahraga, maupun kegiatan-kegiatan sekolah yang lain baik formal maupun non formal. Namun apa jadinya jika halaman sekolah tersebut beralih fungsi menjadi tempat ternak sapi dan kambing.

Seperti halnya yang saat ini terjadi di SMPN 1 Plakat Tinggi Kabupaten Musi Banyuasin. Pasalnya, halaman seluas sekitar 2 hektar dengan hamparan rumput hijau itu, lantaran tidak ada pagar sekolah, sehingga dijadikan tempat ternak sapi dan kambing (Ngangon) milik oknum warga sekitar.

“Kondisi ini sungguh memprihatinkan, sebab halaman sekolah yang seharusnya tempat kegiatan malah berfungsi sebagai tempat ternak, sehingga banyak kotoran hewan bertebaran disini dan kondisi ini membuat para siswa dan siswi malas untuk melakukan aktivitas belajar olahraga di halaman sekolah ini,” ujar salah seorang guru kepada portal ini, Jum’at (23/2).

Ditambahkannya, keberadaan hewan ternak itu jelas mengganggu aktifitas sekolah, karena selain halaman menjadi kotor juga menimbulkan bau yang tak sedap.

“Saat kami lagi kegiatan olahraga, tiba-tiba sapi masuk dan ikut juga olahraga didekat kami. Jadi tolong pak wartawan buatkan berita yang judulnya, saat berolahraga sapi pun ikut olahraga,” ucapnya dengan bercanda.

Sementara itu, Kepala Sekolah SMPN 1 Plakat Tinggi, Marjani SPd mengatakan, bahwa pihaknya sudah beberapa kali membuat pagar kawat, namun dirusak oleh oknum yang tidak bertanggung jawab.

“Sudah diperingatkan tapi warga masih tetap ngangon di halaman sekolah. Kami sudah beberapa kali memagarnya dengan kawat, namun oleh oknum yang tidak bertanggung jawab kawat tersebut di rusak, sehingga sapi maupun kambing tetap berkeliaran masuk ke dalam halaman,” jelasnya.

Lanjutnya, untuk menanggulangi masalah tersebut, pihak sekolah telah beberapa kali mengajukan usulan kepada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Muba, namun sejauh ini belum ada tanggapan sama sekali.

“Untuk itu kami mengharapkan bantuan dari Pemkab Muba agar dapat merealisasikan pembangunan pagar di SMPN 1 Plakat Tinggi, sehingga tercipta kenyamanan dalam belajar mengajar di sekolah ini,” pungkasnya.(Warto)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.