Header Ads

Bupati Muara Enim Tandatangani PRUKADES

MUARA ENIM, SS - Bupati Muara Enim, H Muzakir Sai Sohar bersama enam bupati lainnya mewakili 162 bupati dan walikota se Indonesia, menandatangani dokumen pola kemitraan Produk Unggulan Kawasan Perdesaan (Prukades) dengan Kementerian Desa PDTT dan mitra perusahaan.

Penandatanganan dokumen kerjasama ini dibuka dan disaksikan langsung oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla dalam acara Jakarta Food Security Summit-4 (JFSS -4) yang digelar di Jakarta Convention Center (JCC) Jakarta, Kamis (8/3/2018).

Melalui tema Pemerataan Ekonomi Sektor Pertanian, Peternakan dan Perikanan melalui Kebijakan dan Kemitraan, Forum yang dilaksanakan oleh organisasi Kamar Dagang Indonesia (Kadin) ini diikuti 1.510 peserta dari seluruh penjuru nusantara.

Selain Wapres Jusuf Kala, turut juga hadir  dalam acara tersebut, Ketua DPR RI Bambang Soesatyo, Menko Perekonomian Darmin Nasution, Menteri Pertanian Amran Sulaiman, Mendes PDTT Eko Putro Sandjojo, Ketua Kadin Rosan Perkasa Roeslani serta beberapa Menteri Kabinet kerja dan beberapa mantan menteri di antaranya Haryono Suyono, Emil Salim.


Bupati Muara Enim H Muzakir Sai Sohar mengaku begitu bersemangat saat mendapatkan kesempatan melakukan penandatangan yang langsung disaksikan Wapres JK dan beberapa menteri kabinet kerja. Moment tersebut tentunya menambah semangat semua jajaran pemerintah daerah bersama masyarakat untuk membangun daerah, mempercepat
tercipta nilai tambah di kawasan perdesaan, penciptaan lapangan kerja di desa dan ada jaminan pemasaran oleh mitra usaha.

Beberapa perusahaan  yg turut menandatangani MOU ini adalah perusahaan yang bergerak dibidang komoditi unggulan di Kabupaten Muara Enim yaitu : Komoditi Kopi, sawit, karet dan Komoditi nanas. Muzakir menyatakan bahwa MOU Ini Merupakan wujud komitmen antara pemerintah, pemerintah daerah Kabupaten Muara Enim serta Perusahaan dalam rangka meningkatkan perekonomian masyarakat di Kabupaten Muara Enim.


Selama ini potensi unggulan tersebut dari sisi ekonomi sudah bergerak sebagai sumber pendapatan masyarakat di perdesaan, namun dengan MOU ini nilai ekonomi produk unggulan kawasan perdesaan tersebut (Prukades) perlu di tingkatkan melalui kerjasama dengan beberapa perusahaan sesuai dengan komoditi unggulan yang akan dikelola antra masyarakat perdesaan dengan pihak perusahaan.

Nantinya  komoditi tersebut akan di dikelola melalui BUMDes Bersama Pengelolaan Prukades, sebagaimana MOU yg sudah ditandatangani meliputi pembinaan para petani, BUMDes bersama dan peningkatan pengelolaan hasil komoditi. Hal ini dimaksudkan agar PRUKADES tersebut memiliki nilai tambah ekonomi dari yang telah ada saat ini.

Ditempat yang sama kadin PMD menambahkan, Penandatangan MOU antara Menteri Desa PDT dan Transmigrasi dengan Bupati Muara Enim dan beberapa perusahaan yang akan mengelola produk unggulan di Kabupaten Muara Enim merupakan langkah awal dari tindaklanjut perjanjian kerjasama antara Pemkab Muara Enim, Kementerian Desa dan perusahaan.

Didalam perjanjian kerjasama tersebut, selama 3 bulan kedepan pemerintah akan memuat hal-hal baik menyangkut teknis pengelolaan komoditi, pengelolaan dan pembinaan dan hak kewajiban para pihak dalam rangka mewujudkan kesejahteraan masyarakat perdesaan dengan pengelolaan produk unggulan kawasan perdesaan (Prukades) dengan mengoptimalkan peran BUMDes.(KLT)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.