Header Ads

Kurangi Angka Kemiskinan, Pemkab Muara Enim Gelar Rakor Bidang Sosial

MUARA ENIM, SS – Guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan mengurangi angka kemiskinan, Pemerintah Kabupaten Muara Enim melalui Dinas Sosial mengadakan rapat koordinasi bidang sosial dari seluruh kecamatan se-Muara Enim di Hotel Griya Serasan Sekudang, Senin (26/3).

Rapat koordinasi tersebut dihadiri langsung oleh Bupati Muara Enim Ir Muzakir Sai Sohar, seluruh camat se-Kabupaten Muara Enim, pendamping dan operator Muara Enim, ketenagakerjaan disetiap kecamatan serta sebanyak 250 peserta rapat.

Dalam kesempatan itu, Ketua Panitia Rapat Koordinasi Bidang Sosial Restu Joni Karla SSos MSi menyampaikan, bahwa berdasarkan Peraturan Menteri Republik Indonesia Nomor 8 Tahun 2012 ada 26 permasalahan dibidang sosial, namun yang sudah ditangani oleh Dinas Sosial Kabupaten Muara Enim sebanyak 8 permasalahan kesejahteraan sosial antara lain penyandang cacat, pembinaan Kelompok Usaha Bersama (Kube) farkir miskin, bantuan bahan bangunan Rumah Tidak Layak Huni, Unit Pelayanan Sosial Keliling (OPK) dan pengadaan alat bantu bagi pencandang cacat, pemberian jaminan kesejahteraan social, bantuan transport perjalanan bagi orang telantar dan eks narapidana kembali ke daerah asal, Komunitas Adat Terpencil (KAT) serta bantuan bahan pangan untuk lanjut usia.

“Baru delapan permasalahan kesejahteraan sosial yang sudah ditangani Dinas Kabupaten Muara Enim," terangnya.

Sementara itu, Bupati Muara Enim dalam sambutannya mengatakan, melalui program ini diharapkan dapat menuntaskan mata rantai kemiskinan antar generasi, sehingga generasi berikutnya dapat keluar dari perangkap kemiskinan, karena kemiskinan merupakan bagian dari Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS) yang berupa pengangguran, keterbelakangan dan ketidak berdayaan.

Oleh karena itu, kemiskinan merupakan masalah yang penanganannya tidak dapat ditunda dan harus menjadi prioritas utama dalam pelaksanaan pembangunan secara integral. Salah satunya adalah program keluarga harapan.

“Bagi peserta yang ada disini dapat melasanakan tugasnya dalam bidang sosial. Mari kita sama-sama membangunan masyarakat Kabupaten Muara Enim lebih sejahtera dan mengurangi terus angka kemiskinan di Bumi Serasan Sekundang," pungkasnya.(KLT/ADV)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.