Header Ads

Menjaga Kebersihan Lingkungan Agar Terhindar Dari Penyakit

MUARA ENIM, SS - Sehatnya tubuh seseorang dipengaruhi oleh banyak faktor, salah satunya lingkungan tempat tinggal kita. Meskipun rumah kita bersih sedangkan lingkungan kita kotor banyak sampah, hal itu bisa menimbulkan penyakit.

Timbulnya suatu penyakit karena lingkungan kotor seperti demam berdarah, malaria, penyakit kulit. Bukan hanya menyerang anak-anak tetapi orang dewasa pun juga dapat terjangkit penyakit tersebut.

“Bukan hanya rumah kita saja yang bersih, tetapi lingkungan kita juga harus bersih, itulah gunanya pemerintah. Dalam hal ini Ketua RT atau Ketua RW yang mensosialisasikan kepada masyarakatnya untuk bergotong royong membersihkan lingkungan minimal satu kali seminggu," ucap Putir selaku warga Kelurahan Pasar II, Jumat (16/3).

Terpisah, Kepala Puskesmas Kecamatan Muara Enim Siti Maisaroh ketika dikonfirmasi terkait lingkungan yang kotor mengatakan, bahwa pihaknya selalu sosialisasi terhadap kebersihan agar tidak ada masyarakat Kecamatan Muara Enim terkena penyakit yang disebabkan lingkungan sekitar tempat tinggalnya kotor.

“Setiap kita mengadakan kunjungan di desa maupun kelurahan dalam Kecamatan Muara Enim, selalu mengimbau masyarakat agar menjaga kebersihan lingkungan dan tempat tinggal," ujarnya.

Menurutnya, jika ada suatu desa atau kelurahan yang tempat tinggalnya kotor, hal itu tidak menutup kemungkinan akan menimbulkan penyakit. Oleh sebab itu, mari kita bersama-sama masyarakat dan pemerintah bahu membahu untuk menjaga kebersihan lingkungan.

“Jangan sampai ada masyarakat yang terkena penyakit lantaran tempat tinggalnya kotor, baru mau membersihan. Lebih baik mencegah dari pada mengobati," pungkasnya.(KLT)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.