Header Ads

Pemkab Lambar Gelar Pengukuhan Pengurus dan Peringatan HUT Dekranasda ke-38

LAMPUNG BARAT, SS - Pelantikan dan Pengukuhan Pengurus Dewan Kerajinan Nasional Kabupaten Lambar Periode 2017-2022 dan HUT ke-38 Dekranasda digelar di Ruang Rapat Kagungan Pemkab Lambar,  Kamis (15/03/2018).

Acara tersebut dihadiri oleh Bupati Lambar Parosil Mabsus, Wakil Bupati Lambar Drs Mad Hasnurin, Ketua Dekranasda Partinia Parosil, Wakil Ketua Gurti Komalarati, Pj. Sekdakab Lambar Akmal Abdul Nasir SH, Asisten dan Staf Ahli Bupati, Ketua Darma Wanita Kabupaten Irma Akmal dan Kepala OPD serta pengurus Dekranasda.

Dalam laporan Ketua Panitia Pelaksana Ir Amirian MP menyampaikan dasar pelaksanaan berdasarkan Surat Keputusan Ketua Dekranasda Provinsi Lampung No. 23/Dekranasda/SK/XXI / 2017  Tanggal 11 Maret 2017 Tentang Pengangkatan Ketua Dekranasda Kabupaten Lambar . SK Ketua Dekranasda Provinsi Lampung No. 26 / Dekranasda /SK/2018 Tanggal 08 Februari 2018 Tentang Pengesahan Pengurus Dekranasda Kabupaten Lambar Periode 2017-2022. Surat Ketua Harian Dekranasda No. 7/Dekranasda/02/II/2018 Tanggal 26 Februari 2018 Perihal Himbauan Kepada Setiap Dekranasda Provinsi dan Kabupaten Kota Untuk Menyelenggarakan Acara Memperingati HUT Ke 38 Dekranasda di Daerah Masing-Masing.

Kemudian maksud dan tujuan dilaksanakan kegiatan ini adalah dalam rangka pelantikan atau pengukuhan Pengurus Dekranasda Kabupaten Lambar periode 2017-2022, mulai dari wakil ketua, ketua harian, sekretaris, bendahara dan ketua-ketua bidang peserta anggotanya sedangkan untuk jabatan ketua Dekranasda Lambar periode 2017-202 telah di Lantik dan dikukuhkan oleh Ketua Dekranasda Provinsi Lampung pada tanggal 11 Desember 2017.

Selain itu juga dalam rangka memperingati HUT ke-38 Dekranasda dengan tujuan agar Pengurus Dekranasda dapat segera berkoordinasi khususnya dalam rangka menyusun rencana program kerja dalam rangka menjalankan fungsinya sebagai wadah koordinasi didalam pembinaan dan fasilitas kepada pengrajin yang ada di Kabupaten Lambar dengan harapan dapat meningkatkan daya saing hasil-hasil produksi dari para pengrajin yang ada.

Sementara itu, dalam sambutanya Ketua Dekranasda Kabupaten Lambar, Partinia Parosil menyampaikan, Dekranasda pada dasarnya adalah lembaga independen dan nirlaba yang bermitra dengan pemerintah daerah kabupaten dalam membina pengembangan seni kerajinan yang berbasis Pada warisan budaya bangsa dan merupakan perwujudan keanekaragaman etnik yang ada dengan semangat untuk menggali melestarikan dan mengembangkan warisan budaya bangsa yang pada gilirannya dapat mengangkat kualitas produk kerajinan dan meningkatkan kesejahteraan perajin. Untuk itulah diperlukan pembentukan dewan pengurus Deskranasda di Kabupaten Lambar yang kita cintai.

Selanjutnya pembentukan dekranasda ini diharapkan akan menjadi jembatan bagi kepentingan masyarakat dan mempercepat proses pembinaan dan pengembangan produk kerajinan sesuai dengan potensi budaya daerah Lambar serta dapat memberikan motivasi kepada para pengusaha kita agar hasil kerajinan-kerajinan mereka bisa diperkenalkan melalui kegiatan-kegiatan  Dekranasda, seperti pameran baik dalam ataupun luar daerah sehingga dapat memperkenalkan produk khas daerah dan meningkatkan kepentingan perajin yang ada di Kabupaten Lambar.

Kemudian keberadaan dewan kerajinan nasional dibentuk berdasarkan surat keputusan bersama 2 menteri yaitu Menteri Perindustrian dan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Nomor :85/M/SK/3/1980 dan nomor: 072b/P/1980, tanggal 3 Maret 1980 di Jakarta.

Adapun landasan hukum pembentukan dekranas yang terakhir adalah mengacu kepada keputusan bersama Menteri Perindustrian, Menteri Perdagangan, Menteri Dalam Negeri, Menteri Pariwisata, Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah serta Menteri Badan Usaha Milik Negara tahun 2015.

Selanjutnya berdasarkan keputusan Dewan Kerajinan Nasional Daerah Provinsi Lampung nomor: 26/DEKRANASDA/SK/II/2018 Tentang pengesahan pengurus dewan kerajinan nasional daerah kabupaten Lampung barat periode tahun 2017-2022 tanggal 8 Febuari 2018 telah disahkan oleh Ketua Dekranasda Provinsi Lampung  ibu Hj. Yustin Ridho Ficardo SSos.

Pihaknya mengharapkan kepada pengurus yang dilantik ini, nantinya dapat terus bekerja sama dengan menjalankan tugas dengan sebaik-baiknya. Sehingga tujuan Dekranasda Kabupaten Lambar dalam memberdayakan perajin dan pelestarian budaya bangsa melalui hasil produk-produk unggulan daerah dapat tercapai dengan baik, terus menimbulkan efek yang positif yakni dapat meningkatkan ekonomi masyarakat, terpeliharanya nilai budaya daerah, terciptanya hubungan yang harmonis antar pemerintah, Dekranasda dan masyarakat perajin di Kabupaten Lambar, sehingga Dekranasda Lambar akan dapat menjadi salah satu wadah untuk mewujudkan Lampung Barat Hebat.

Dalam arahannya Bupati Lambar Parosil Mabsus menyampaikan, bahwasanya dekranasda ini adalah sebagai salah satu wadah organisasi yang memiliki tujuan untuk menggali mengembangkan dan melestarikan warisan budaya bangsa serta membina penemuan dan penggunaan teknologi baru untuk meningkatkan kualitas dalam rangka memperkokoh jati diri budaya bangsa.

Menanamkan kesadaran masyarakat terhadap pentingnya seni kerajinan bagi kehidupan sehari-hari warga negara Indonesia yang bisa meningkatkan martabat manusia, memperhatikan dan memperjuangkan kepentingan perajin dan peminat dengan mendorong semangat kewirausahaan mereka membantu perintah merumuskan kebijakan di bidang industri kerjinan dan program peningkatan kualitas SDM  serta memperluas pangsa pasar hasil kerajinan. Kemudian diharapkan Dekranasda terus meningkatkan kerjasama dengan pihak pemerintah dan elemen masyarakat lainnya, untuk lebih mencapai hasil yang optimal.

“Dengan harapan kerjasama yang semakin baik semakin intens maka produk kerajinan Lambar akan terus berkembang hal ini tentu akan meningkatkan kesejahteraan para perajinnya,” ucapnya.

Kemudian di HUT ke-38 berharap semoga Dekranasda Lampung terus mengembangkan dan terus melestarikan kerajinan yang ada di Lambar dan Lambar sedang melestarikan cekungan sebagai kerajinan Lambar agar celugam tetap berkembang salah satunya dengan cara mempromosikan kerajinan khas Lambar tersebut dan terus mengembangkan produk yang berbahan celugam yang tentunya akan menjadi kebanggaan kita semua jika celugam dapat dikenal oleh masyarakat luas tidak hanya di Provinsi Lampung.(Yogi-Yuli Humas Lambar)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.