Header Ads

Pemkab Lambar Gelar Peringatan HKG PKK ke-46

LAMPUNG BARAT, SS - Pemerintah Kabupaten Lampung Barat (Lambar) menggelar acara peringatan Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK ke-46 Tingkat Kabupaten Lampung Barat dan merayakan Hari Ulang Tahun ke-44 Bupati Lambar Parosil Mabsus serta menyerahkan piala penghargaan pemenang lomba Kader PKK tingkat kecamatan.

Acara yang dipusatkan di Loby Kantor Bupati Lambar Senin, (12/03) itu, dihadiri oleh Bupati Lampung Barat Parosil Mabsus, Pj. Sekdakab Lambar Akmal Abdul Nasir SH, Asisten Bidang Perekonomian Ir. Natadjudin Amran, Kepala OPD Lambar, Camat se-Lambar, pengurus PKK dan organisasi lainnya. 

Dalam laporannya Ketua Panitia Peringatan HKG PKK ke-46 Irma Akmal menyampaikan, bahwa latar belakang peringatan HKG PKK merupakan upaya bangsa Indonesia untuk mengenang sejarah hari lahirnya PKK. Dengan dasar program kerja Tim Penggerak PKK Kabupaten Lambar Tahun 2018. Surat Perintah Tugas Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Lambar No.20/ST/PKK-LB/II/2018.

"Tujuan dari kegiatan ini adalah mengenang sejarah lahirnya PKK. Memotivasi warga PKK agar lebih berperan pada pembangunan melalui pelaksanaan 10 program pokok PKK. Dengan tema "Dengan Hari Kesatuan Gerak PKK ke 46 kita lakukan akselerasi program-program PKK untuk mewujudkan visi dan misi gerakan PKK”, ujarnya.

Kemudian kegiatan ini dilakukan dalam rangka HKG PKK ke-46 adalah Bazar Masakan Khas LB dan kerajinan yang menjadi unggulan LB, semarak bakar ikan tahun 2018 di BBI Kecamatan Sumber Jaya bekerjasama dengan Dinas Perikanan. Pemberian santunan anak yatim, penyerahan piala dan piagam penghargaan kepada pemenang lomba-lomba PKK yaitu lomba kader PKK pekon kelurahan tingkat Kabupaten Lambar tahun 2017. Lomba kader Posyandu Mandiri tingkat Kabupaten Lambar tahun 2017. Lomba kegiatan PKK lomba administrasi PKK, lomba pola asuh anak dam remaja (PAAR), lomba UP2K PKK, lomba pemanfaatan pekarangan dan hatinya PKK, lomba pelaksanaan IVA dan lomba dasa Wisma. Dengan sasaran adalah kader PKK kecamatan dan pekon serta anak sekolah yang tidak mampu.

Sementara itu, Ketua TP-PKK Kabupaten Lambar Partinia Parosil menyampaikan gerakan PKK adalah sebagai wadah aktivitas social kemasyarakatan bagi keluarga memiliki sejarah perjalanan yang panjang, berpedoman pada makna sejarah sebagai kesatuan.

Oleh karena itu dirinya mengajak semua jajaran TP-PKK untuk betul-betul bisa melaksanakan 10 program pokok PKK. Meskipun sudah banyak mewujudkan visi dan misi gerakan sebagai TP-PKK bersama-sama melaksanakan tugas dan mensukseskan program-program pembangunan pemerintah daerah untuk mewujdkan Lampung Barat Hebat.

“Harapan saya dengan HKG  PKK ini dapat meningkatkan motivasi kepada segenap Tim Kesatuan Gerak PKK di tingkat kabupaten , Kecamatan, dan pekon kelurahan untuk meningkatkan kinerja dan pengabdiannya dalam membangun masyrakat”, jelasnya.

Sedangkan dalam kesempatan itu, Bupati Lambar Parosil Mabsus mengatakan, dengan dilaksanakannya peringatan Hari Kesatuan Gerak PKK ke-46 ini diharapkan dapat memperkokoh komitmen kita terhadap pembangunan di Kabupaten Lampung Barat.

"Kedepan, tentunya melalui peningkatan partisipasi masyarakat dalam pembangunan. Peringatan Hari Kesatuan Gerak PKK tahun ini merupakan suatu momentum penting untuk menggugah hati kita akan pentingnya pemberdayaan kesejahteraan keluarga. Untuk itu dengan peringatan ini pula diharapkan dapat meningkatkan kepedulian, peran aktif masyarakat berdasarkan pada semangat kebersamaan, kekeluargaan menuju pada penguatan integrasi sosial," ungkapnya.

Bupati mengimbau kepada semua pihak dan seluruh masyarakat Kabupaten Lambar, melalui kegiatan hari kesatuan gerak PKK ke-46 ini, mari terus kita gelorakan pemberdayaan masyarakat melalui Gerakan PKK serta kita jadikan Hari Kesatuan Gerak PKK sebagai momentum bagi kaum wanita untuk merapatkan barisan dan menjadi garda depan dalam pembangunan demi terwujudnya pembangunan yang berkesetaraan gender.

"Selain itu saya berharap melalui Hari Kesatuan Gerak PKK akan semakin meningkatkan kepedulian, kesadaran dan peran serta masyarakat dalam berbagai program pembangunan di Kabupaten Lampung Barat ini”, ucapnya.

Untuk diketahui pemenang lomba Kader PKK Pekon atau Kelurahan  meliputi juara 1 atas nama Sulbiah dari Kecamatan Air Hitam, juara 2 diraih oleh Winih Lestari dari Kecamatan Sekincau, juara 3 Swesty Novaria dari Kecamatan Sukau. Sementara pemenang lomba Kader Posyandu Mandiri juara 1 diraih oleh Imas Siti Aminah, juara 2 Sri Rejeki dari Batu Ketulis, juara 3 Isromiah dari Kecamatan Balik Bukit.

Lomba Administrasi PKK juara 1 diraih oleh Tribudi Syukur Kecamatan Kebun  Tebu, juara 2 diraih oleh pekon Sri Menanti Kecamatan Air Hitam dan juara 3 diraih oleh Giham Sukamaju Kecamatan Sekincau. 

Lomba PAAR juara I  Pekon Tribudi Syukur Kecamatan Kebun Tebu, juara II diraih oleh Pekon Tambak Jaya dari Kecamatan Way Tenong, juara III Pekon Gunung Sugih Kecamatan Batu Brak. Lomba UP2K PKK juara I diraih oleh Pekon Pagar Dewa Kecamatan Pagar Dewa, juara 2 diraih Banding Agung Kecamatan Suoh, juara 3 Sukarame Kecamatan Belalau.

Lomba Pemanfaatan Pekarangan dan Hatinya PKK juara 1 diraih oleh Pekon Tambak Jaya Kecamatan Way Tenong, juara 2 diraih oleh Pekon Sindang Pagar Kecamatan Sumber Jaya, juara III Negeri Jaya Kecamatan BNS. Lomba Pelaksanaan IVA Juara I diraih oleh Kebun Tebu, juara 2 diraih oleh Kecamatan Pagar Dewa, juara 3 diraih oleh Kecamatan Air Hitam dan juara harapan 1 diraih oleh Kecamatan Sekincau.

Kemudian Lomba Dasa Wisma meliputi juara I dari Pekon Tribudi Syukur Kecamatan Kebun Tebu, juara II diraih oleh Pekon Tri Mulyo Kecamatan Gedung Surian dan juara III diraih oleh Pekon Teba Pering Raya Kecamatan Sukau.(Yogi-Yuli Humas Lambar)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.