Header Ads

Pemkab Muara Enim Adakan Workshop Penyusunan Rancangan Teknokratik RPJMD 2018-2023

MUARA ENIM, SS - Pemerintah Kabupaten Muara Enim menggelar workshop penyusunan rancangan teknokratik Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Muara Enim Tahun 2018-2023 dengan tema Menuju Kabupaten Muaraenim Berdaya Saing dan Berkelanjutan, Rabu (07/03/2018) di Ruang Rapat Pangripta Nusantara Gedung Kantor Bappeda.

Selain dihadiri oleh pejabat tinggi pemerintahan Kabupaten Muara Enim, acara itu juga dihadiri langsung langsung oleh beberapa narasumber yang berkompeten di bidang RPJMD yaitu Taufiq Hidayat Putra ST M.Eng dari Kementrian Perencanaan Pembangunan Nasional RI, Robert Endika Jaweng dari Komite Pemantau Pelaksanaan Otonomi Daerah, Wicaksono Sarosa Ph.D dari Praktisi Knowledge Worker PT Matra Ruang Waktu Selaras dan Dr Ekowati Ratnaningsi SKM MKes serta Kepala Bappeda Provinsi Sumatera Selatan.

Ir H Abdul Nadjib MM dalam laporannya yang dibacakan oleh Kabid Ekonomi Sda dan Pendanaan Pembangunan Sukiani SE mengatakan, RPJMD yang di gelar ini telah memasuki tahap ke-3 dan tahap ke-4 dengan visi Kabupaten Muaraenim yang Sehat, Mandiri dan Sejahtera. Rencana teknokratik RPJMD sesuai peraturan Menteri Nomor 86 Tahun 2017 Pasal 43 dan kemudian hasil dari Teknokratik RPJMD akan disajikan dengan sistimatika yang membuat, Pendahulan, Gambaran umum kondisi Daerah, Gambaran Keuangan Daerah dan Permasalahan serta Isu Strategis Daerah.

"Kegiatan ini untuk menampung aspirasi, saran dan masukan dari semua stakeholder yang mana nantinya akan digunakan sebagai bahan pengusunan RPJMD Kabupaten Muaraenim tahun 2018-2023. Kita sesuaikan dengan visi, misi dan program kepala daerah terpilih serta akan kita selaraskan dengan Rancangan Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) tahun 2005-2025," paparnya.

Bupati Muaraenim Ir H Muzakir Sai Sohar yang diwakili Asisten III Drs Ibrahim Iliyas sebelum membuka acara Worshop  RPJMD juga menyampaikan, bahwa RPJPD adalah dokumen induk suatu daerah dalam perencanaan pembangunan untuk masa waktu 20 tahun kedepan. RPJPD juga merupakan dasar suatu daerah untuk perencanaan pelaksanaan dan evaluasi pembangunan daerah yang mengacu pada Rencana Pembangunan Jangka Panjang Nasional (RPJPN) serta juga mengacu pada Rancangan Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJMD) Provinsi Sumatera Selatan.

"Kami berharap agar kiranya Bapak/Ibu Narasumber yang telah hadir dapat memberikan paparan sebagai arahannya dan masukan terhadap rencana Pembangunan di Kabupaten Muaraenim melalui Worshop RPJMD Teknokratik ini," ujarnya.

Bupati juga berharap kepada seluruh peserta, undangan dan stakeholder terkait kiranya dapat mengikuti dan menyimak apa yang disampaikan oleh narasumber serta turut berpartisipasi memberikan saran dan masukan guna untuk kemajuan Kabupaten Muara Enim dimasanya yang akan datang.

"Saya berharap semua yang hadir pada acara ini dapat turut berpartisipasi guna untuk kemajuan Kabupaten Muara Enim yang Berkelanjutan, dengan ini kegiatan worshop Penyusunan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah Teknokratik Kabupaten Muaraenim Tahun 2018-2023 secara resmi saya nyatakan dibuka," pungkas Ibrahim Ilyas.(ADV/KLT)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.