Header Ads

Pemkab Lambar Galakkan Jum’at Bersih dan Sehat Dengan Gotong Royong

LAMPUNG BARAT, SS - Selain senam bersama, budaya gotong royong telah mengakar di Kabupaten Lampung Barat. Setiap  Jumat, jika di daerah lain identik dengan program Jumat bersih, di Lampung Barat dikenal dengan Jumat bersih dan sehat dengan gotong royong.

Program Gotong Royong sengaja digulirkan Bupati Lampung Barat Parosil Mabsus dalam rangka menggerakkan masyarakat untuk bersama-sama membangun daerah. Gotong royong juga menjadi salah satu kearifan lokal yang harus dijaga.

"Alhamdulillah gotong royong sudah menjadi budaya di masyarakat. Lewat Jumat bersih dengan gotong royong bersama, masyarakat tergerak untuk bersama-sama menjaga lingkungannya. Saya apresiasi sekali, mudah-mudahan ini bisa dijalankan secara konsisten di seluruh kampung di Lampung Barat," ungkap Bupati, Jumat (13/04/2018).

Bupati menambahkan, setelah tadi kita melaksanakan senam bersama, kini kita lanjutkan dengan gotong royong bersama yang dilakukan warga tidak hanya sebatas aksi bersih-bersih lingkungan, tetapi juga memperbaiki infrastruktur yang rusak, seperti jalan, jembatan, dan lainnya. Tak hanya berpangku tangan pada pemerintah, warga juga diajak bergerak dan berbuat.

"Lewat gotong royong, warga di-mindset untuk langsung bergerak. Jangan menunggu pemerintah saja terlebih di Lambar masih banyak jalan yang kurang bersih dan gotong royong adalah solusi atas permasalahan tersebut.

Bupati mengatakan bahwa dirinya sangat mengapresiasi masyarakat yang proaktif pada kegiatan gotong royong tersebut. Ia menambahkan, gotong royong yang dilakukan masyarakat sangat menunjukkan kebersamaan dan persatuan untuk kepentingan bersama.

"Memang, gotong royong ini terlihat mudah dan sederhana, tetapi dibalik itu semua, gotong royong mengandung nilai positif bagi masyarakat," kata Bupati .

Tentunya pihaknya menyebutkan nilai-nilai positif dalam gotong royong antara lain terciptanya kebersamaan, persatuan, rela berkorban, dan tolong menolong.

"Ini menjadikan terciptanya silaturahmi yang baik antar masyarakat. Masyarakat mau bekerja secara bersama-sama untuk membantu orang lain atau untuk membangun fasilitas yang bisa serta dimanfaatkan bersama," tutupnya.(Yogi-Humas Lambar)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.