Header Ads

Meningkatnya Layanan KA, Sopir Travel Mulai Ketar-Ketir

LAHAT, SS - Sejak meningkatnya layanan fasilitas Kereta Api (KA) yang refresentatif akhirnya berdampak kepada menurunnya jumlah penumpang travel di Kota Lahat, bahkan banyak armada travel yang terpaksa menganggur akibat sepinya jumlah penumpang. Hal ini disampaikan Aris (35) salah seorang sopir travel di Kota Lahat jurusan Lahat - Palembang, yang mengaku mulai ketar ketir dengan kondisi tersebut.

Dia mengatakan, semenjak KA meningkatkan pelayanannya dengan fasilitas AC disemua gerbongnya dampaknya langsung terasa.

Sebelumnya kata Aris, dirinya biasa membawa 5 penumpang paling sedikit untuk sekali berangkat namun setelah KA meningkatkan pelayanannya jangankan 5 penumpang untuk bisa mendapatkan 3 penumpang pun sudah harus menunggu, bahkan sering dirinya harus menganggur untuk menunggu penumpang. Dan tidak menutup kemungkinan lanjut Aris, banyak pengusaha travel akan gulung tikar karena tidak sanggup lagi menutupi setoran mobil.

"Bukan fasilitas KA saja yang bagus untuk ongkosnya saja murah. Inilah penyebabnya kami kalah bersaing dengan KA. Tapi mau dibilang apalagi, cari pekerjaan saat ini sangat sulit. Jadi terpaksa saya bertahan," ungkap Aris seraya mengatakan cukup kelabakan untuk menutupi setoran mobil travel yang dibawanya saat ini.

Sementara itu, Sumarni (45) salah seorang warga Lahat mengaku saat ini lebih memilih angkutan KA ketimbang jasa mobil travel. Selain fasilitasnya bagus harga tiketnya pun sangat terjangkau.


"Dulu aku males naik kereta api, selain panas didalam gerbong pun sering kali penumpangnya melebihi kapasitas. Berbeda dengan sekarang. Seluruh gerbong sudah dilengkapi AC dan tempat duduknya sudah tertata rapi termasuk ongkosnya pun murah. Jadi kalau mau ke Palembang kami lebih memilih Kereta Api," ujarnya.(Fry)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.