Header Ads

Survei LSI : Dodi-Giri Unggul di Pilgub Sumsel

PALEMBANG, SS - Sejak awal Juni 2018, Lingkaran Survey Indonesia (LSI) Denny JA melakukan survey opini publik Pilkada Gubernur Sumsel 2018, dengan menggunakan medote multi stage random sampling dengan sebaran 1.000 responden di kabupaten/kota dan margin of error 3,16 persen.

“Survey yang kita gelar pada 1-5 Juni menggunakan medote multi stage random sampling dengan sebaran 1.000 responden di kabupaten/kota dan margin of error 3,16 persen,” ungkap Peneliti Senior LSI Denny JA, Rully Akbar saat konferensi pers di Hotel Aryaduta, Jumat (8/6).

Menurut Rully, berdasarkan hasil survey yang dilakukan lembaganya, pasangan Dodi Reza Alex – Giri Ramanda Kiemas unggul terhadap tiga pasangan calon lainnya.

Dimana elektabilitas Pasangan nomor urut 4 Dodi-Giri mencapai 27,7 persen, meninggalkan pasangan HDMY yang hanya meraih 23,2 persen. Sementara, pasangan Ishak Mekki-Yudha Mahyudin (18,4 persen), dan Aswari-Irwansyah (8,6 persen). Sementara massa mengambang cukup tinggi sebesar 22,1 persen.

Rully Akbar mengungkapkan ada 4 alasan mengapa HDMY bisa disalip oleh Dodi-Giri. Pertama, kasus skandal lama Herman Deru dan Putra Mawardi Yahya terbuka kembali. “Isu skandal Herman Deru dan pembantu rumah tangga serta kasus narkoba putra Mawardi Yahya yang juga Bupati Ogan llir Nonaktif yang terbuka kembali, menyebabkan elektabilitas Herman Deru Mawardi Yahya terus merosot," ungkap Rully.

Kedua, Tingkat pengenalan Dodi yang terus menanjak. Sejak survei bulan Februari hingga Juni 2018, Dodi semakin dikenal oleh pemilih di Sumsel. Hal ini yang menyebabkan tingkat elektabilitas Dodi menanjak.

Ketiga, Publik puas dengan kinerja Gubernur Alex Noerdin dan asosiasi Dodi dengan Alex Kuat. Tingkat kepuasan terhadap Alex Noerdin mencapai 77,7%. Hal ini juga berpengaruh tehadap elektabilitas Dodi.

“Tingkat kepuasan masyarakat terhadap kinerja Alexembuat masyarakat yakin jika Dodi dianggap sebagai penerus Alex Noerdin,” ungkapnya.

Keempat, Program Dodi disukai mayoritas pemilih. Program Pendidikan dan kesehatan gratis serta pembangunan infrastruktur dari Dodi mendapatkan respon positif dari publik.(Red/Ril)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.