Header Ads

Survei LSI : Elektabilitas Ridho-Fikri Unggul Jauh

PRABUMULIH, SS - Pasangan calon Walikota dan Wakil Walikota Prabumulih, Ir H Ridho Yahya MM dan Andriansyah Fikri SH diprediksi unggul jauh terhadap kotak kosong dalam hasil Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA yang melakukan survei opini publik untuk Pilwako Prabumulih Mei-Juni 2018.

Survei dilakukan secara tatap muka terhadap 440 responden Responden dipilih dengan menggunakan metode multistage random sampling. Margin of error survei ini +/- 4,8%.

Untuk simulasi dukungan terhadap calon Walikota, pasangan Ridho Yahya-Andriansyah Fikri
mendapat dukungan 78,9%. Sedangkan kotak kosong mendapat dukungan 3,7%. Sedangkan
mereka yang belum memutuskan sebanyak 17,4%.

Bisa dipastikan bahwa pasangan Ridho-Fikri dengan mudah melenggang menuju Prabumulih
satu. Bila kita breakdown dari berbagai simulasi segmen baik jenis kelamin, agama, umur, pendidikan, pendapatan, dan suku semua rata-rata mendukung Ridho-Yahya diatas >70%.

Bila kita coba breakdown dari kecamatan, 6 Kecamatan unggul telak Ridho-Yahya >70%. Untuk perolehan suara jika kita bagi per Kecamatan Cambai (82,5%), Prabumulih Barat (75,0%), Prabumulih Selatan (75,0%), Prabumulih Timur (83,8%), Prabumulih Utara (71,7%), dan Rambang Kapak Tengah (80,0%).

Jika dilihat dari peta kekuatan pemilih, pemilih loyal / Strong Supporters pasangan Ridho-Fikri
sudah mencapai 73,4% dan yang pasti loyal memilih kotak kosong hanya 2,6%. Sisanya tinggal swing voter sebanyak 24,0%.

Lingkaran Survei
Mengapa elektabilitas Pasangan Ridho-Fikri tidak bisa tergoyahkan? LSI menemukan beberapa alasan, yaitu :

- Pertama,
Tingkat pengenalan dan Kesukaan Ridho Yahya-Ardiansyah Fikri sangat tinggi.
Tingkat pengenalan Ridho Yahya adalah 98,9%, sedangkan 97,7% masyarakat juga sudah mengenal Andriansyah Fikri. Dari yang kenal pasangan tersebut, yang suka terhadap Ridho Yahya sebanyak 92,5% dan 88,3% untuk Andriansyah Fikri. Ini membuktikan bahwa pasangan ini selain populer juga digandrungi oleh masyarakat.

- Kedua,
Persepsi Kepuasan dan keberhasilan masyarakat atas kinerja Incumbent sangat tinggi.
Ridho Yahya sebagai Walikota Prabumulih dipersepsikan kepuasan kinerja oleh masyarakat sangat/cukup puas sebanyak 90,6%. Selain itu dipersepsikan berhasil kinerjanya sebanyak 90,3%.
Tidak banyak kepala daerah yang dipersepsikan kepuasan dan keberhasilan kinerjanya oleh masyarakat diatas >90%.

Dengan sisa waktu kurang dari 1 minggu menuju tanggal pencoblosan 27 Juni 2018, hasil survei ini sangat kecil peluangnya untuk berubah. LSI Denny JA menyimpulkan bahwa pasangan Ridho-Fikri akan tetap memenangkan Pilwako Prabumulih.(Nr01/PS)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.