Header Ads

Bupati PALI Hadiri Pencanangan Kampung KB di Desa Tanjung Baru

PALI, SS - Bupati Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) Ir H Heri Amalindo MM menghadiri acara Pencanangan Kampung KB yang digelar oleh Tim Pengerak PKK Kabupaten PALI di Desa Tanjung Baru, Jum’at (27/07).

Kegiatan yang diisi dengan pembagian sembako untuk balita dan makan tambahan untuk lansia itu dibantu oleh TNI Manunggal KB Kesehatan dan Ikatan Bidan Indonesia.

Kepala Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPKBPPPA) PALI Yenni Nopriani dalam sambutannya,mengatakan, bahwa Launching kampung KB tingkat Desa se-Kabupaten PALI ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat mulai dari tingkat dusun atau desa yang setara melalui program KKBPK dan juga pembangunan sektor lainnya, sebagai upaya mewujudkan keluarga kecil yang berkualitas. Berkualitasnya keluarga kecil ini tentunya didukung oleh TP-PKK PALI dengan program bakti sosialnya.

“Sedikitnya sekitar 150 paket Sembako diberikan kepada lansia serta bantuan makanan 50 paket kepada balita, selain itu juga dibantu jamban gratis, pelayananan KB gratis serta penyuluhan tentang pencegahan pernikahan usia dini, pelayanan KTP elektronik. Dalam kegiatan ini juga kita dibantu oleh TMMK dan IBI,” terangnya.

Dalam kesempatan itu, Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Sumatera Selatan Drs Waspi memberikan penjelasan sisi manfaat kampung KB yakni untuk mewujudkan masyarakat yang berkualitas serta berdaya saing tinggi. Ia pun mengucapkan selamat kepada Bupati PALI Heri Amalindo atas pencapaian penghargaan Manggala Karya Kencana pada Harganas di Manado.

"Wujud komitmen dan bentuk dukungan Bupati guna mewujudkan keberhasilan dalam bidang program KB dan Kependudukan yang sudah diakui oleh pemerintah pusat," ungkapnya. 

Sementara itu, Bupati PALI Heri Amalindo secara langsung meresmikan Kampung KB di Desa Tanjung Baru menegaskan bahwa keinginannya mewujudkan Nawacita Program Kampung KB dan Kependudukan, tentunya mesti didukung oleh seluruh elemen masyarakat.

“Masyarakat adalah titik yang sentral majunya berbagai pembangunan, karena setiap pencapaian target bagaimana pengendalian pertumbuhan penduduk memerlukan dukungan semua pihak. Ini juga mesti memakai alat kontrasepsi agar pertumbuhan penduduk terkontrol dan terdata dengan baik agar tercapainya keluarga yang sehat serta mempunyai kualitas seperti yang kita harapkan," ujar Bupati.

Ia juga mengapresiasi kinerja TP-PKK PALI dengan keberhasilan program-program yang sangat membantu pemerintah daerah. Saat ini PALI telah mendapatkan penghargaan kota/ kabupaten Layak Anak( KLA), ini sebuah keberhasilan yang luar biasa. Awal berhasilnya pencapaian penghargaan KLA yakni adanya Rumah Cinta yang disana terdaat kelengkapan fasilitas untuk anak.

Heri Amalindo meminta kepada Kepala Desa agar menyediakan ruang maupun taman buat bermain anak-anak melalui pengunaan Alokasi Dana Desa (ADD) untuk kemajuan sebuah daerah yang kita cintai ini.

Acara sendiri sengaja digelar sebagai salah satu rangkaian untuk kepentingan daerah serta keberlangsungannya visi misi kemajuan daerah PALI Cemerlang Sumsel Gemilang, sesuai dengan keinginan Heri Amalindo.

Turut hadir dalam acara tersebut Ketua TP PKK Ir Hj Sri Kustina, Ketua DPRD PALI Drs Soemarjono, Kepala Perwakilan BKKBN Sumsel Drs Waspi serta FKPD dan Kepala OPD,  Camat,  Lurah dan Kepala Desa, Tokoh Masyarakat serta ribuan masyarakat PALI.(Adv Humas Pemkab PALI/Rgn)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.