Header Ads

Tahun Depan ADD Kemungkinan Naik Dua Kali Lipat

* 2017 Dua Desa Terjadi Penggunaan ADD Fiktif

Elsye Hartuti, SSTP., MM
LAHAT, SS -  Kepala Dinas (Kadin) BPMDES Lahat melalui Kepala Bidang (Kabid) Pengelolaan Keuangan dan Aset Desa, Elsye Hartuti, SSTP., MM menyampaikan, jika pada tahun depan kemungkinan ada kenaikan Anggaran Dana Desa (ADD) dari pemerintah pusat, diharapkan jika kenaikan ADD itu memang terealisasi seluruh Kades dapat lebih mengoptimalkan ADD itu untuk pembangunan infrastruktur desa.

"Informasi akan adanya kenaikan dana desa itu memang benar tapi kemungkinan tahun depan. Kenaikan itu dua kali lipat dari ADD saat ini," jelasnya.

Dia menyebutkan, saat ini alokasi ADD Kabupaten Lahat sebesar Rp. 269.158.286.000,-  Jika kenaikan itu memang terealisasi pada tahun depan maka ADD Kabupaten Lahat menjadi Rp. 538.316.572.000,-

"Kita mengharapkan kepada seluruh kades benar-benar memamfaatkan dana itu sesuai peruntukannya karena penggunaanya akan selalu diawasi. Kita tidak ingin terjadinya benturan hukum dari penyalagunaan ADD tersebut," imbuhnya.

Hal itu disampaikan Elsye, karena pada tahun 2017 lalu ada dua desa yang fiktif mengunakan ADD itu, desa itu adalah Desa Sungai Laru dan Desa Kota Raya Darat. Mau tidak mau lanjut Elsye, kedua Kades dari dua desa itu berhadapan dengan proses hukum.

"Jadikan pelajaran untuk kades lainnya jangan sampai ADD justru menjerat mereka ke proses hukum," pungkasnya.(Fry)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.