Header Ads

Lulusan AKN Lahat Menambah Jumlah Angka Pengangguran

LAHAT, SS - Belum adanya penyaluran tenaga kerja bagi lulusan D2 Akademi Kejuruan Negeri (AKN) Lahat,  membuat lulusan AKN akhirnya hanya menambah jumlah angka pengangguran.

Sejak berdiri enam tahun lalu, AKN Lahat sudah menetaskan 2 angkatan lebih kurang 285 wisudawan dan wisudawati, dan kedepannya AKN Lahat juga akan mewisuda angkatan ke 3 sebanyak 115 mahasiswanya.

Namun ratusan lulusan AKN tersebut masih bingung mendapatkan pekerjaan sesuai skill yang mereka pelajari selama di AKN, bahkan tidak sedikit lulusannya pulang lagi ke desa asalnya.

Persoalan tersebut diakui, koordinator AKN Lahat Abdurahman S.Pd, MM melalui Humasnya, Bunga, dia mengatakan, dirinya tidak menampik jika persoalan itu terjadi. Memang sampai saat ini kata Bunga, belum ada  lulusan AKN untuk dapat disalurkan disejumlah perusahaan tambang maupun PLTU di Kabupaten Lahat.

Dan  kedepannya pihaknya juga sambung Bunga, akan mencari jalan keluarnya. Agar lulusan AKN dapat langsung disalurkan untuk bekerja.

"Jurusan di AKN ini sudah melengkapi kebutuhan ketenagakerjaan untuk di pertambangan. Seperti perawatan alat berat, elektro PLTU dan teknik pertambangan batu bara. Entah mengapa semua lulusan AKN tidak dapat tersalurkan di perusahaan pertambangan yang ada di Kabupaten Lahat," ungkap Bunga seraya mengatakan persoalan ini setidaknya butuh dukungan pemerintah untuk mencarikan jalan keluarnya.

Sedangkan Bayu, Dosen Perawatan Alat Berat juga mengatakan, berbicara soal fasilitas praktek di AKN ini sudah sangat memadai. Tentunya itu sangat menunjang untuk peningkatan SDM tapi kalau berbicara soal bagaimana penyaluran lulusan AKN itu, Bayu sendiri enggan berkomentar lebih jauh.

"Kalau soal itu bukan wewenang saya, tapi kalau bicara fasilitas praktek mahasiswa sudah bagus dan lengkap." Ujarnya. 

Sementara itu, Alumni AKN Angkatan pertama yang namanya enggan dipublikasikan mengaku, setelah lulus dari AKN sampai saat ini masih bingung mencari pekerjaan. Bahkan dirinya sempat melamar disejumlah perusahaan pertambangan namun tidak diterima.

"Apa yang saya dapatkan dari kuliah di AKN sama sekali tidak ada. Saya juga sampai sekarang masih menganggur. Saya berminat kuliah di AKN itu karena akan disalurkan ke perusahaan tambang, tapi setelah lulus yang katanya ada penyaluran sama sekali tidak ada," pungkasnya.(Fry)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.