Header Ads

Ajang Lomba Desa se-Kecamatan Merapi Barat Akan Digelar di Desa Kelahiran Bupati Lahat

LAHAT, SS -  Sebanyak 19 desa di Kecamatan Merapi Barat, Lahat akan mengikuti ajang lomba desa. Menariknya, lomba desa yang akan dilaksanakan pada hari Senin tanggal 18 Februari 2019 itu, akan digelar di Desa Lebak Budi yang merupakan desa Kelahiran Bupati Lahat, Cik Ujang SH.

Kepala Badan (Kaban) BPMdes Lahat, Fauzan Denim menyampaikan, kegiatan lomba desa tersebut untuk mewujudkan pemberdayaan masyarakat desa. Selain itu, lomba desa juga salah satu cara melihat langsung  penyelenggaraan pemerintahan desa, pelaksanaan pembangunan desa, pembinaan kemasyarakatan termasuk pemberdayaan masyarakat desa.

"Untuk menilai keberhasilan pembangunan desa maka perlu dilakukan perlombaan desa dan kelurahan secara terarah, terkordinasi, terpadu dan berkelanjutan. Penilaian lomba desa dilaksanakan secara berjenjang, mulai dari tingkat kecamatan, tingkat kabupaten/kota dan tingkat provinsi sampai pada tingkat nasional dan penilaiannya dilakukan secara objektif dan subyektif,” jelasnya Fauzan, Jum’at (15/02/19).

Dikatakan Fauzan,  ajang lomba desa merupakan agenda tahunan. Desa yang terpilih, dalam penilaian Tim Evaluasi Perkembangan Desa/kelurahan Tingkat Kabupaten Lahat. Nantinya akan menjadi duta kabupaten untuk mengikuti lomba ke tingkat Provinsi Sumatera Selatan.

"Lomba desa merupakan program nasional yang bertujuan sebagai wadah untuk mengevaluasi dan penilaian perkembangan pembangunan atas usaha pemerintah dan pemerintah daerah bersama masyarakat desa dan kelurahan," paparnya.

Sementara itu, Kepala Desa Lebak Budi, Sahranudin, ASD menyampaikan, persiapan sudah dilakukan jauh-jauh hari dan Desa Lebak Budi akan bertekad untuk menjadi juara dalam lomba Desa itu.

Dia menambahkan, kegiatan itu diprakarsai masyarakat sesuai arahan pihak desa, BPD Desa, LPM dan Pendamping Desa serta tidak terlepas dukungan dari Muspika dan seluruh lapisan masyarakat.

"Melalui lomba desa ini, dapat menjadi pemicu untuk mengembangkan upaya positif Desa serta melibatkan diri secara langsung dalam mengembangkan potensi sumber daya alam Desa. Untuk itu,saya mengajak seluruh perangkat desa dan warga bersatu padu agar Desa Lebak Budi menjadi indah, terang bederang dan bercahaya," imbau Sahranudin.(Fry)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.