Header Ads

Kades Lebak Budi Programkan Pengelolaan Sampah Mandiri Bersama DLH Lahat

LAHAT, SS - Program Sampah Mandiri di Desa Lebak Budi, Kecamatan Merapi Barat, Lahat, akhirnya mendapatkan apresiasi positif dari Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Lahat.

Program Sampah Mandiri berupa pengelolahan sampah yang nantinya akan didaur ulang oleh Pemerintahan Desa Lebak Budi diyakini akan membantu meningkatkan income desa.

Kabid Pengelolaan Sampah, Limbah P3 dan PKLH, Budi Utama, S.IP didampingi Kasi PKLH, M.Hakim bersama Tim DLH Lahat saat melakukan kunjungan dan survei lokasi Bank Sampah di Desa Lebak Budi mengatakan, jika pihak DLH mendukung sepenuhnya langkah Kades Lebak Budi untuk membangun Bank Sampah Mandiri.

Budi mengatakan, jika bank sampah yang nantinya akan dimiliki Desa Lebak Budi akan menjadi proyek percontohan bagi desa-desa lainnya.

Untuk itu, lanjut Budi, pihaknya sudah melakukan 2 survei lokasi tanah desa yang akan diwakafkan. Dari 2 survei itu,  telah menetapkan lokasi yang berdekatan tak jauh dari Desa Lebak Budi. Dan Budi menilai apa yang dilakukan Kades Lebak Budi sangat seiring sejalan dengan program Indonesia Bersih yang baru saja program launching di Jakarta beberapa waktu lalu.

"Karena lokasi yang pertama belum memiliki akses jalannya dan harus dibangun dulu jalan setapak dan jembatan gantung untuk dapat dilalui bentor pengangkut sampah, maka kita menetapkan lokasi yang kedua karena akses jalan sudah ada dan tak jauh dari pemukiman penduduk. Meskipun tidak seluas dari lokasi pertama, namun lokasi kedua cukup strategis untuk membangun Bank Sampah," jelas Budi.

Sementara itu, Kasi Peningkatan Lingkungan Hidup (PLH) DLH Lahat, Chairul Hakim memaparkan, pihaknya akan segera menganggarkan untuk membuat bangunan atap bank sampah. Namun tidak kalah pentingnya juga lanjut dia, pihaknya akan mengedukasi aparat desa beserta masyarakat untuk membuat regulasi tentang cara pengelolaan sampah.

"Insya Allah rencana ini akan berjalan seiring dengan kuatnya komitmen masyarakat Desa Lebak Budi," tukasnya.

Kades Lebak Budi, Sahranudin sangat berharap pembangunan bank sampah tersebut dapat terwujud.

Dia mengatakan, dengan terbentuknya bank sampah tentu akan berdampak kepada peningkatan kebersihan lingkungan yang sempurna.

"Semakin bersih lingkungan maka kesehatan warga semakin terjamin. Selain itu juga manfaat lainnya adalah pihak desa dapat mendaur ulang sampah menjadi income untuk desa," ujarnya.(Fry)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.