Header Ads

Wabup dan Kadin DLH Lahat Hadiri Rakernas Indonesia Bersih Dalam Rangka HPSN 2019

JAKARTA, SS - Wakil Bupati (Wabup) Lahat H. Haryanto, SE, MM didampingi Kadin Lingkungan Hidup Ir. H Misri, MT dan Kabid Pengelolaan Sampah H. Budi Utama, M.Si mengadiri Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Gerakan Indonesia Bersih dalam rangka Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) tahun 2019 di Gedung Manggala Wanabakti, Jakarta, Kamis (21/02/19).

Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya Bakar menjelaskan, gerakan ini rencananya akan diluncurkan bertepatan dengan HPSN 2019 dan tujuan dari gerakan ini adalah memastikan langkah-langkah percepatan Gerakan Indonesia Bersih, baik dari kebijakan sektor dan daerah.

Dia juga berharap, rakernas tersebut dapat mendorong pemerintah daerah dalam mewujudkan target-target nasional upaya pencapaian Gerakan Indonesia Bersih.

Siti melanjutkan, Gerakan Indonesia Bersih dapat diwujudkan melalui peningkatan kerjasama antar sektor dan peningkatan kinerja pemerintah daerah. Selain itu, dilakukan juga sinergi kebijakan sektor dalam upaya-upaya pengelolaan sampah, baik peningkatan sarana dan prasarana maupun mendorong partisipasi publik.

"Rakernas Indonesia Bersih ini akan diikuti oleh seluruh Gubernur dan Bupati/Walikota di Indonesia. Mandat pengelolaan sampah ini akan diberikan langsung oleh menteri-menteri terkait kepada kepala daerah dan yang terpenting adalah Gubernur, Bupati serta Walikota menerima langsung kebijakan-kebijakan itu langsung dari menteri-menterinya," jelasnya.

Sementara itu, Wabup Lahat H. Haryanto, SE, MM menjelaskan, kebersihan dan kesehatan saling berkaitan, dengan mengubah perilaku masyarakat menjadi bersih dan akan berdampak pada kesehatan masyarakat dan lingkungan.

"Tentunya Pemerintah Kabupaten Lahat akan sepenuhnya mendukung Gerakan Indonesia Bersih. Mungkin Gerakan Indonesia Bersih ini kelihatannya memang sepele. Namun, ini menjadi sorotan dunia, seperti World Bank dan lembaga dunia lainnya. Betapa sampah dan kebersihan jadi isu global," terang Haryanto.(Fry)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.