Header Ads

Semarakan HUT ke-38, PTBA Adakan Lomba Mancing

MUARA ENIM, SS - Semaraknya HUT PTBA ke-38 juga dirasakan bagi penghobi mancing mania yang berada di Kabupaten Muara Enim.

Mulai dari kalangan remaja hingga orang tua antusia mengikuti lomba memancing ikan. Sebanyak 3000 penghobi mancing ikan tumplek blek mengelilingi kolam pancing Makorindam II/Sriwijaya Muara Enim, Sabtu (9/3).

Mereka hadir untuk berkompetisi pada lomba memancing yang diselenggarakan PT Bukit Asam Tbk. bekerja sama dengan Rindam II/Swj guna menyemarakkan HUT ke-38 Bukit Asam.

Meski acara lomba memancing dimulai pada 07.00 WIB, namun para peserta telah berduyun-duyun datang sejak 05.00 WIB guna mencari posisi memancing yang terbaik sesuai keinginan masing-masing peserta.

Alhasil, pada saat acara yang dibuka secara resmi oleh Senior Manager Pengelolaan Lingkungan dan Perencanaan Tambang (PLPT), Sukono mewakili Manajemen Bukit Asam, para peserta yang datang belakangan sudah kesulitan untuk mencari celah tempat untuk memancing di pinggir kolam seluas sekira 2 hektar itu.

Koordinator lomba memancing HUT ke-38 Bukit Asam, Efran Wijaya mengatakan, untuk kegiatan lomba memancing pada hari itu, panitia telah melepas 1 ton ikan nila, emas, dan lele malam sebelumnya untuk para peserta.

“Pemenang ditentukan dari satu ekor ikan terberat yang berhasil dipancing. Kami telah melepas 8 ekor nila dengan berat 3 sampai 3,5 kilogram, 16 ekor lele seberat 2 hingga 3 kilogram, sisanya ikan dengan berat 500 gram hingga 2 kilogram,” papar Efran Wijaya.

Seminggu sebelumnya, sebanyak 3.500 tiket/kupon lomba memancing telah disebar panitia dan kupon undian door prize yang berhasil terkumpul dalam kotak undian pun berjumlah ribuan lembar.

“Kupon yang terkumpul beratnya lebih dari 4 kilogram. Ini membuktikan, lomba memancing ini sangat diminati masyarakat,” imbuhnya. 

Selain menyediakan hadiah uang tunai untuk tiga orang pemenang, yaitu uang sebesar Rp2 juta untuk juara pertama, Rp1,5 juta untuk juara kedua, dan Rp1 juta untuk juara ketiga. Acara lomba memancing yang berakhir 12.00 WIB ini juga dihibur dengan organ tunggal dan pembagian puluhan hadiah door prize, mulai dari setrika, rice cooker, kompor gas, lemari es, sepeda gunung hingga LED TV 40 inci.

Hazairin warga Desa Muara Emil maupun komunitas mancing Tanjung Enim mengku cukup puas dengan adanya mancing ini. Walaupun banyak 70 persen yang tidak  dapat, tapi batin kami merasa puas, karena disini ada kebersamaan antara masyarakat Kabupaten Muara Enim yang sudah membudayakan penghobby  mancing dan juga menjadi  ajang silaturahmi.

“Harapan kami tahun kedepan dapat ditingkatkan kembali lomba macing ini di HUT PTBA, jangan ditiadakan,” harapnya.(KLT)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.