Header Ads

Masuk Nominasi Lomba PHBS Tingkat Nasional, Ridho Optimis Prabumulih Juara

PRABUMULIH, SS - Penilaian lomba Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) tingkat nasional digelar di Guest House Rumah Dinas Walikota Prabumulih, Jum'at (5/4/2019) pukul 07.30 WIB.

Hadir pada kesempatan itu, Walikota Prabumulih Ir H Ridho Yahya MM, Ketua TP PKK Provinsi Sumatera Selatan, Ketua TP PKK Prabumulih Ir Suryanti Ngesti Rahayu, Anggota TP PKK Kota Prabumulih, Kepala Dinas Lingkungan hidup, Kepala Dinas Permukiman, Kepala Dinas  Kesehatan, Tim Penilai PHBS Teresia Herawati, para Kepala SKPD, Ketua Kader PHBS Kelurahan Gunung Ibul dan Kader PHBS Prabumulih serta para tamu undangan.

Dalam sambutannya, Walikota Prabumulih menyampaikan, bahwa Pemerintah Kota Prabumulih mendukung kegiatan PHBS yang diterapkan oleh TP PKK Prabumulih.

"Kita saling bersinergi, pemerintah kota berusaha menciptakan lingkungan yang sehat, sementara itu PKK menerapkan pola PHBS di masyarakat Kota Prabumulih. PHBS itu harus dimulai dari lingkungan yang sehat, itu sudah kita terapkan, salah satunya dengan melarang eksplorasi tambang batubara agar lingkungan tetap asri dan hijau,” ungkapnya.

Lanjut Ridho, selain lingkungan yang sehat juga masyarakat harus punya rumah yang sehat pula. Program bangun rumah untuk menghilangkan rumah tak layak huni, yang dananya bersumber dari infaq pegawai setiap bulannya serta bantuan dari CSR perusahaan yang ada di Prabumulih.

“Kemudian kita juga membantu peralatan usaha, jadi lingkungan yang sehat dan rumahnya sehat serta kita bantu modal usaha untuk kesejahteraan keluarga,” tuturnya.

Tambahnya, penerapan PHBS di Kota Prabumulih ini sebenarnya kesadaran dan bukanlah tugas pemungut sampah tapi tugas seluruh masyarakat.

Sementara itu, Tim Penilai PHBS Nasional Teresia Herawati mengatakan, bahwa Kota Prabumulih termasuk 6 nominator lomba PHBS tingkat nasional.

"Bersama kota-kota lain yang ada di Indoesia, dan Kota Prabumulih berpeluang untuk mendapatkan juara pertama, melihat penerapan PHBS sudah diberlakukan oleh masyarakat Kelurahan Gunung ibul,” ujarnya.

Sedangkan Ketua TP PKK Kota Prabumulih, Ir Suryanti Ngesti Rahayu, berharap agar Prabumulih yang diwakili Kelurahan Gunung Ibul sudah layak untuk memenangkan lomba PHBS tingkat nasional.

"Penerapan PHBS di Kelurahan Gunung Ibul didukung oleh adanya Bank Sampah, Apotik Hidup dan dukungan penuh masyarakat sekitar serta PHBS itu sudah diterapkan sejak usia dini,” pungkasnya.(ADV/Nr01)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.