Header Ads

Pemkab Muara Enim Gelar Rakor Bidang Sosial Tahun 2019

MUARA ENIM, SS – Pemerintah Kabupaten Muara Enim melalui Dinas Sosial merencanakan beberapa program yang baru maupun yang sudah berjalan dalam rangka mewujudkan mendukung visi misi Bupati Muara Enim dengan menggelar Rapat Koordinasi Bidang Sosial Tingkat Kabupaten Tahun 2019.

Rakor tersebut diisi oleh nara sumber dari Biro Perencanaan Kementerian Sosial RI, Liliana Butar Butar dan dari Dinas Sosial Provinsi Sumatera Selatan, Syafrudin serta Ketua Komite KSN Muara Enim, H Taufik Rahman SH. 

Dalam kesempatan itu terdapat beberapa program ini disampaikan oleh Bupati Muara Enim H Ahmad Yani melalui Kepala Dinas Sosial M Ali Rachman dihadapan 230 peserta rakor yang berlangsung di Griya Sintesa Muara Enim, Kamis (04/04/2019).

Dikatakan Ali Rachman, bahwa program tersebut adalah program pembinaan dan pemberian bantuan terhadap Kelompok Usaha Bersama (KUBE), pemberian bantuan Rumah Tidak Layak Huni (RTLH), Pelayanan Sosial Keliling (UPSK) dan pemberian alat bantu bagi penyandang disabilitas serta pemberian bantuan sarana dan prasarana bagi panti asuhan.

Selanjutnya pemberian Jaminan Kesejahteraan Sosial (PKH), bantuan transport perjalanan bagi orang terlantar dan eks narapidana kembali ke daerah asal .

“Pembinaan dan pemberian bantuan bagi Komunitas Adat Terpencil (KAT) dan Pemberian santunan kematian bagi masyarakat Muara Enim, Pembinaan dan pemberian BLT bagi anak yatim, anak piatu, anak yatim piatu, dhuafa dan Ianjut usia terlantar,” jelasnya.

Lanjutnya, sebagaimana Undang-undang 11/ 2009 tentang penyelenggaraan kesejahteraan sosial telah mengamanatkan kepada pemerintah bahwa seluruh rakyat berhak mendapatkan pelayanan dari pemerintah untuk demi peningkatan kesejahteraan rakyat.

“Menyikapi hal tersebut, Pemkab Muara Enim telah merancang berbagai Iangkah untuk meningkatkan kualitas pelayanan sosiaI, baik dari segi penguatan SDM, perlengkapan fasilitas dan sarana, penyempurnaan database, serta sinkronisasi program antara pusat dan daerah,” ujarnya.

Untuk menjalankan program dan kegiatan di bidang sosial lanjut Ali lagi, dibutuhkan perencanaan yang matang, efektif dan transparan agar program tersebut memberi daya yang kuat bagi perubahan di masyarakat, agar dapat tepat sasaran pada penyelenggaraan kesejahteraan sosial.

“Melalui peningkatan akses masyarakat kepada sektor pendidikan dan kesehatan yang erat kaitannya dengan penurunan kemiskinan. Untuk itulah, kita perlu Iakukan secara sinergi dan koordinasi dengan pihak-pihak terkait,” tegasnya.(KLT)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.